Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, Persepsi Risiko Dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan Internet Banking

Hadyan Farizi, Syaeful lah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi minat menggunakan layanan internet banking. Penelitian ini merupakan replikasi dan pengembangan model Technology Acceptance Model (TAM) dari penelitian sebelumnya. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang dengan menggunakan metode survey. Peneliti memperoleh responden sebanyak 114 orang mahasiswa Jurusan Akuntansi yang pernah menggunakan layanan internet banking. Analisis dilakukan dengan menggunakan software Smart PLS versi 2.0. Hasil analisis untuk model ini menunjukkan bahwa konstruk persepsi kegunaan, persepsi risiko, dan kepercayaan berpengaruh terhadap minat untuk menggunakan layanan internet banking. Sebaliknya, konstruk persepsi kemudahan tidak berpengaruh terhadap minat untuk menggunakan layanan internet banking. Hal ini berarti bahwa minat untuk menggunakan layanan internet banking dipengaruhi oleh persepsi kegunaan, persepsi risiko, dan kepercayaan. Implikasi dari penelitian ini relevan bagi pihak manajemen bank dan analis internet banking agar memperhatikan persepsi kegunaan, persepsi risiko, dan kepercayaan dalam menerapkan dan mengembangkan layanan internet banking pada sistem perbankannya.

Kata kunci :   Technology Acceptance Model (TAM), persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, persepsi risiko, kepercayaan, minat, internet banking.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.