Determinan Sikap dan Pengaruhnya Terhadap Minat Penggunaan Internet Banking
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang
mempengaruhi sikap dan minat untuk menggunakan layanan internet banking
dengan memodifikasi model Technology Acceptance Model (TAM) yang
dikembangkan oleh Davis pada tahun 1989. Sebanyak 161 sampel penelitian
dilakukan pada mahasiswa Akuntansi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas
Brawijaya yang pernah menggunakan layanan internet banking. Pengumpulan
data menggunakan survey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi
kemudahan penggunaan dan kecocokan mempengaruhi sikap untuk menggunakan
layanan internet banking, serta sikap berpengaruh terhadap niat untuk
menggunakan layanan internet banking. Sedangkan kepercayaan dan keuntungan
relatif tidak mempengaruhi terhadap sikap digunakannya layanan internet
banking. Hal ini berarti bahwa niat untuk menggunakan layanan internet banking
dipengaruhi oleh sikap dan sikap untuk menggunakan layanan internet banking
dipengaruhi oleh persepsi kemudahan penggunaan dan kecocokan. Implikasi dari
penelitian ini relevan bagi pihak manajemen perbankan dan analis internet
banking untuk mempertimbangkan sikap, persepsi kemudahan penggunaan dan kecocokan dalam menerapkan dan mengembangkan transaksi internet banking
dalam sistem perbankannya.
Kata Kunci: Technology Acceptance Model (TAM), internet banking, minat,
sikap, persepsi kemudahan penggunaan, dan kecocokan.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.