Determinan Sikap dan Pengaruhnya Terhadap Minat Penggunaan Internet Banking

Retania Astia, Zaki Baridwan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang
mempengaruhi  sikap dan  minat untuk menggunakan layanan  internet  banking
dengan  memodifikasi  model  Technology Acceptance Model  (TAM) yang
dikembangkan oleh  Davis pada tahun 1989.  Sebanyak  161  sampel  penelitian
dilakukan pada mahasiswa Akuntansi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas
Brawijaya  yang  pernah menggunakan  layanan  internet banking.  Pengumpulan
data  menggunakan  survey.  Hasil  penelitian menunjukkan  bahwa  persepsi
kemudahan penggunaan dan kecocokan mempengaruhi sikap untuk menggunakan
layanan  internet banking,  serta  sikap  berpengaruh terhadap  niat untuk
menggunakan  layanan  internet banking. Sedangkan kepercayaan dan keuntungan
relatif  tidak  mempengaruhi  terhadap  sikap  digunakannya  layanan  internet
banking. Hal ini berarti bahwa niat untuk menggunakan  layanan internet banking
dipengaruhi oleh  sikap dan  sikap  untuk menggunakan  layanan  internet banking
dipengaruhi oleh persepsi kemudahan penggunaan dan kecocokan. Implikasi dari
penelitian ini relevan  bagi pihak  manajemen  perbankan dan  analis  internet
banking  untuk mempertimbangkan  sikap,  persepsi kemudahan  penggunaan  dan kecocokan  dalam menerapkan  dan mengembangkan  transaksi  internet banking
dalam sistem perbankannya.

Kata Kunci:  Technology Acceptance Model  (TAM),  internet banking,  minat,
sikap, persepsi kemudahan penggunaan, dan kecocokan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.