SEGMENTASI PASAR BERDASARKAN GAYA HIDUP SEBAGAI DASAR PENGEMBANGAN STRATEGI PEMASARAN PAKAIAN MELALUI GROUP BLACKBERRY MESSENGER (STUDI PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG)

Dewi Purwaningtyas, Mintarti Rahayu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan segmentasi pasar
berdasarkan gaya hidup yang terdiri dari tiga variabel, yaitu: (1)  Activity,  (2)
Interest,  (3) Opinion dan untuk mengembangkan strategi pemasaran berdasarkan
segmentasi pasar pembeli pakaian melalui  Group BlackBerry Messenger.
Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskripsi kuantitatif. Penelitian ini
menggunakan sampel sebanyak 45 orang. Sedangkan pengambilan sampel
menggunakan teknik  accidental sampling.  Untuk menguji instrumen penelitian
menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Untuk menganalisis data digunakan
analisis  cluster. Dari hasil analisis berdasarkan kemiripan karakteristik dan gaya
hidup dari responden maka terbentuk 3 segmen. Segmen 1 preferensi belanja yang
dilakukan melalui  BlackBerry Messenger  adalah moderat, Segmen 2 preferensi
belanja yang dilakukan melalui BlackBerry Messenger adalah tinggi dan Segmen
3 preferensi belanja yang dilakukan melalui BlackBerry Messenger adalah rendah.
Strategi pemasaran yang dapat diterapkan pada masing – masing segmen adalah
segmen 1 perlunya promosi, baik dari iklan dan harga, pentingnya memberikan
keterangan mengenai produk yang di tawarkan, dan membangun reputasi positif.
Untuk segmen 2, melakukan promosi dengan mengajak bergabung dengan group
BlackBerry Messenger yang sudah ada, menambahkan variasi produk karena sifat
konsumen yang konsumtif. Segmen 3 menciptakan Word Of Mouth, memberikan
promosi potongan harga, mengedepankan kualitas, tidak memberikan variasi
produk terlalu banyak agar konsumen fokus pada 1 jenis produk.

Kata kunci : Segmentasi Pasar, Gaya Hidup, Group BlackBerry Messenger

Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.