Strategi Pengembangan Usaha pada UMKM Rumah Busana Faiza Bordir di Kecamatan Bangil Kota Pasuruan (BUSINESS DEVELOPMENT STRATEGIES IN SME FAIZA HOME CLOTHING EMBROIDERY IN BANGIL PASURUAN)

Imam Ma’ruf Apriyanto, Rofi aty

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis kondisi lingkungan internal dan lingkungan
eksternal, mengetahui rumusan strategi yang diterapkan, dan juga untuk mengetahui  implementasi
strategi yang cocok diterapkan untuk pengembangan bisnis yang seharusnya dilakukan oleh UMKM
Rumah Busana Faiza Bordir. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif eksploratif yang
bertujuan mengetahui pelaksanaan dari penerapan strategi yang dilakukan oleh Rumah Busana Faiza
Bordir dalam mengetahui potensi dari kendala yang ditimbulkan dan penerapan strategi yang
sebaiknya digunakan.  
Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis IFAS (Internal Strategis Factor
Analysis Summary),  analisis EFAS (Eksternal Strategis Factor Analysis Summary),  analisis SFAS
(Startegic Factor Analysis Summary), analisis SWOT, matrix SPACE (Strategic Position and Action
Evaluation), dan  analisis QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix). Hasil analisis IFAS pada
penelitian ini menunjukkan bahwa Rumah Busana Faiza Bordir memiliki kelebihan dalam hal desain
produk bagus, inovatif, kreatif dan menarik  dan kelemahan dalam hal  keterbatasan peralatan
penunjang untuk proses pembordiran.  
Berdasarkan analisis EFAS, Rumah Busana Faiza Bordir memiliki peluang yang terbesar adalah
responsif terhadap peluang pasar dan faktor ancaman yang terbesar adalah adanya politik dumping
dari Thailand dan Cina.  Dari analisis SFAS diperoleh faktor-faktor strategis yang terbagi dalam 3
jangka waktu. Jangka waktu pendek yaitu  lebih cepat megadopsi teknologi terbaru, jangka waktu
menengah yaitu memiliki hak paten, dan jangka waktu panjang yaitu responsif terhadap peluang pasar.
Dari hasil analisis SWOT dan matrix SPACE dari penelitian ini maka pilihan alternative strategi bagi
Rumah Busana Faiza Bordir adalah Agresif.
Kata kunci:  UMKM, analisis IFAS,  analisis EFAS,  analisis SFAS,  analisis SWOT,  SPACE,
analisis QSPM.

Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.