Analisis Implementasi Pengelolaan Kinerja Berbasis Balanced Scorecard (BSC) Pada Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Batu
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi pengelolaan kinerja
berbasis Balanced Scorecard pada Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Batu.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksploratif-deskriptif melalui studi kasus
dengan menggunakan metode kualitatif. Data yang digunakan adalah data primer
dari hasil wawancara dan observasi serta data sekunder dari hasil dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pengembangan dan implementasi
Balanced Scorecard di KPP Pratama Batu dilakukan melalui proses cascading
dari Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak sebagai unit level Kemenkeu-Two.
Selain itu, pencapaian kinerja KPP Pratama Batu dengan Balanced Scorecard dari
kuartal I hingga kuartal III tahun 2013 menunjukkan nilai sebesar 80,84% dari
target sebesar 100%. Dalam mengimplementasikan Balanced Scorecard,
hambatan yag dihadapi oleh KPP Pratama Batu adalah kurangnya sosialisasi dan
edukasi tentang Balanced Scorecard, Balanced Scorecard hanya diintegrasikan
dengan sistem reward yang didasarkan pada pencapaian kinerja organisasi tanpa
melihat kinerja individu dan lambannya akses ke aplikasi Balanced Scorecard,
yaitu e-performance, karena digunakan oleh seluruh pegawai Kementerian
Keuangan.
Kata kunci: implementasi, pengelolaan kinerja, Balanced Scorecard, Kantor
Pelayanan Pajak
berbasis Balanced Scorecard pada Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Batu.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksploratif-deskriptif melalui studi kasus
dengan menggunakan metode kualitatif. Data yang digunakan adalah data primer
dari hasil wawancara dan observasi serta data sekunder dari hasil dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pengembangan dan implementasi
Balanced Scorecard di KPP Pratama Batu dilakukan melalui proses cascading
dari Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak sebagai unit level Kemenkeu-Two.
Selain itu, pencapaian kinerja KPP Pratama Batu dengan Balanced Scorecard dari
kuartal I hingga kuartal III tahun 2013 menunjukkan nilai sebesar 80,84% dari
target sebesar 100%. Dalam mengimplementasikan Balanced Scorecard,
hambatan yag dihadapi oleh KPP Pratama Batu adalah kurangnya sosialisasi dan
edukasi tentang Balanced Scorecard, Balanced Scorecard hanya diintegrasikan
dengan sistem reward yang didasarkan pada pencapaian kinerja organisasi tanpa
melihat kinerja individu dan lambannya akses ke aplikasi Balanced Scorecard,
yaitu e-performance, karena digunakan oleh seluruh pegawai Kementerian
Keuangan.
Kata kunci: implementasi, pengelolaan kinerja, Balanced Scorecard, Kantor
Pelayanan Pajak
Full Text:
UntitledRefbacks
- There are currently no refbacks.