ANALISIS VALUE CHAIN SEBAGAI ALAT STRATEGIC COST MANAGEMENT UNTUK MENCIPTAKAN KEUNGGULAN BERSAING DALAM UPAYA MENINGKATKAN PROFITABILITAS PERUSAHAAN (Studi pada Unit Usaha Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) ASA Perum Jasa Tirta 1 Malang)

Kurrota Akyun, Helmy Adam

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis value chain sebagai alat strategic cost management untuk menciptakan keunggulan bersaing dalam upaya meningkatkan profitabilitas perusahaan dengan objek penelitian Unit Usaha Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) ASA Perum Jasa Tirta 1 Malang. Berdasarkan laporan laba rugi perusahaan tahun 2012, perusahaan mengalami kerugian. Permasalahan tersebut disebabkan tingginya pemakaian bahan baku 80,088% dari harga produk produksi untuk produk cup 240 ml dan beban penyusutan mesin produk botol. 40,259% dari harga produk produksi.

Data yang diperoleh diolah dengan pendekatan konsep analisis value chain yang memusatkan perhatian pada aktivitas-aktivitas nilai mulai dari aktivitas penanganan bahan baku sampai distribusi produk ke konsumen serta pelayanan purna jual.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas nilai kritis yang berpengaruh pada profitabilitas perusahaan adalah aktivitas nilai operation yaitu sebesar 78.369% dari volume penjualan, dan untuk keseluruhan biaya aktivitas primer adalah 91,482%, sedangkan untuk aktivitas pendukung sebesar 9,015%. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi pihak manajer unit usaha Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) ASA Perum Jasa Tirta 1 Malang dalam mengoptimalkan pengelolaan biaya dan sumberdaya perusahaan.

 

Kata kunci: Analisis Value Chain, Strategic Cost Management, Keunggulan Bersaing, Strategi Generic, Cost Leadership, Aktivitas Nilai.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.