ANALISIS PENGARUH KOMUNITAS MEREK TERHADAP LOYALITAS MEREK PADA KOMUNITAS MOTOR YAMAHA V-IXION CLUB CHAPTER MALANG (Studi Pada komunitas pengguna motor Yamaha V-ixion Malang)

Muhammad Akib Abdullah

Abstract


Perkembangan teknologi otomotif yang semakin pesat berimbas pada
persaingan di pasar industri otomotif yang semakin ketat. Perusahaan menerapkan
berbagai cara agar dapat mendapatkan dan mempertahankan konsumen. Salah
satu cara tersebut ialah dengan meningkatkan loyalitas merek. Loyalitas merek
ialah suatu keterkaitan dan tingaktan dimana pelanggan memiliki  sikap positif
terhadap suatu merek. Loyalitas merek yang baik juga dapat diperoleh dari
komunitas merek yang mendukungnya dari serangan pesaing.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Komunitas Merek
Terhadap Loyalitas Merek Pada Komunitas Motor Yamaha V-ixion Club Malang.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanatory research
(penelitian penjelasan) yang bertujuan untuk menjelaskan hubungan kausal sebab
akibat antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesa.  Data dikumpulkan
melalui survei menggunakan  kuesioner  terhadap  anggota komunitas Yamaha v-
ixion club Malang. Adapun teknik pengambilan sampel yang  digunakan adalah
purposive  jenuh  /  sensus dan diperoleh sampel sebanyak 49  responden. Analisis
yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reabilitas, uji f, uji t,
uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heterokedasitas, dan  analisis regresi
berganda.
Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa variabel komunitas merek yaitu
legitimasi, loyalitas merek oposisi, merayakan sejarah merek, berbagi citra merek,
integrasi dan mempertahankan anggota, membantu dalam penggunaan merek
berpengaruh secara simultan dan signifikan terhadap loyalitas merek dengan
Fhitung  11,657 > 2,324 Ftabel.  Diantara  keenam  variabel  tersebut,  variabel yang
memiliki pengaruh dominan terhadap  loyalitas merek adalah variabel merayakan
sejarah merek dengan koefisien sebesar 0,314.  



Kata kunci:  komunitas merek, legitimasi, loyalitas merek oposisi, merayakan
sejarah merek, berbagi cerita merek, integrasi dan mempertahankan
anggota, membantu dalam penggunaan merek, loyalitas merek

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.