ANALISIS KAUSALITAS PERTUMBUHAN EKONOMI, TINGKAT INFLASI, DAN PENGANGGURAN JAWA TIMUR (Studi Kasus Kota kabupaten se- Jawa Timur tahun 2006 - 2010)

Perdana Kranti Rizki

Abstract


Terjadi beberapa hubungan antara tingkat pertumbuhan ekonomi, tingkat inflasi dan tingkat pengangguran.Dimanainflasi merupakan salah satu indikator penting dalam perekonomian yang tidak bisa di abaikan, karena dapat menimbulkan dampak yang sangat luas baik terhadap perekonomian maupun kesejahtaraan masyarakat. Bagi perekonomian, inflasi yang tinggi dapat menyebabkan timbulnya ketidakstabilan, menurunkan gairah menabung dan berinvestasi, menghambat usaha peningkatan ekspor, menyebabkan melambatkan atau merangsang pertumbuhan ekonomi , maupun bisa berdampak pada meningkatnya jumlah pengangguran.

Dengan menggunakan metode kuantitatif dan data panel, sehingga dapat menjawab rumusan masalah pada penelitian. Dari hasil penelitian ini, diketahui bahwa terjadi hubungan searah antara tingkat pertumbuhan ekonomi dan inflasi yaitupertumbuhan ekonomi mempengaruhi indeks, sedangkan indeks inflasi tidak mempengaruhi pertumbuhan ekonomi.Hal ini berlaku juga untuk uji selanjutnya yaitu uji antara variable pertumbuhan ekonomi dan pengangguran, dimana dalam pengujian tersebut bisa di lihat bahwa antar ke dua variabel terjadi hubungan searah yaitu tingkat pengangguran mempengaruhi tingkat pertumbuhan ekonomi. Sedangkan kenaikkan atau turunnya pertumbuhan ekonomi tidak akan berpengaruh terhadap tingkat pengangguran. Dan untuk persamaan yang ketiga terjadi perbedaan yaitu terjadi hubungan dua arah antara tingkat pengangguran dan indeks inflasi di mana antar ke duannya saling berpengaruh atau terjadi hubungan kausalitas.

 

Kata kunci:      hubungan kausalitas, tingkat pertumbuhan ekonomi, tingkat inflasi,tingkat       pengangguran


Refbacks

  • There are currently no refbacks.