DETERMINAN MINAT MAHASISWA AKUNTANSI UNTUK MENGIKUTI PENDIDIKAN PROFESI AKUNTANSI (PPAk) : STUDI EMPIRIS PADA CALON MAHASISWA PPAK DI UNIVERSITAS BRAWIJAYA

Dima Nurfitri Apriani, Made Sudarma

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis dan memberikan bukti empiris mengenai
pengaruh motivasi  kualitas, motivasi karir, motivasi ekonomi, biaya pendidikan dan lama
pendidikan  terhadap minat mahasiswa akuntansi untuk mengikuti pendidikan Profesi
Akuntansi (PPAk). Hipotesis yang diajukan adalah motivasi kualitas, motivasi karir, motivasi
ekonomi, biaya pendidikan dan lama pendidikan  berpengaruh positif terhadap minat
mahasiswa akuntansi Universitas Brawijaya untuk mengikuti PPAk. Penelitian menggunakan
sampel sejumlah 211 mahasiswa S1 akuntansi tahun angkatan 2010 dan 2011 di Universitas
Brawijaya. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan kuesioner skala likert 5 point
yang disebarkan dan dianalisis regresi linier berganda menggunakan  software  SPSS 16.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa  motivasi kualitas, motivasi karir, motivasi ekonomi,
biaya pendidikan dan  lama pendidikan  secara simultan  mempengaruhi minat mahasiswa
mengikuti PPAk secara signifikan. Secara parsial, motivasi kualitas dan biaya pendidikan
berpengaruh positif signifikan  terhadap minat mahasiswa untuk mengikuti PPAk, motivasi
ekonomi berpengaruh positif terhadap minat mahasiswa untuk mengikuti PPAk, sedangkan
motivasi karir dan lama pendidikan tidak berpengaruh positif terhadap minat mahasiswa
untuk mengikuti PPAk.

Kata Kunci : motivasi,  minat, Pendidikan Profesi Akuntansi

Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.