ANALISIS PENGARUH LABEL HALAL, PENDAPATAN DAN HARGA PRODUK TERHADAP PREFERENSI KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MAKANAN IMPOR

FITRIA VEGA SYLVANIA MUJIONO

Abstract


Dewasa   ini   globalisasi,   perdagangan   bebas   dan   Masyarakat   Ekonomi   Asia   (MEA) memberikan  dampak  bagi  Indonesia  salah  satunya  dengan  semakin  meningkatnya distribusi produk makanan dan minuman baik lokal maupun impor di masyarakat. Namun sayangnya masih terdapat sikap tidak peduli terhadap kehalalan produk dan kurangnya pengetahuan dan pemahaman konsumen atas suatu produk yang bersertifikat halal MUI, menjadikan dilakukan penelitian ini agar konsumen lebih selektif dalam memilih produk yang akan dikonsumsi melalui preferensi keputusan pembelian terutama pada makanan impor. Selain makanan berlabel halal terdapat beberapa variabel lain yang pada akhirnya dapat mempengaruhi preferensi konsumen dalam keputusan pembelian pada produk makanan impor yaitu pendapatan, dan harga produk.

Dimana lokasi  penelitian yang  dipilih  adalah  Universitas Brawijaya dengan  100  sampel penelitian pada  mahasiswa  Universitas Brawijaya untuk angkatan 2014  hingga  2017.  Hasil survey dianalisis menggunakan teori konsumsi, teori labelisasi halal, teori pendapatan dan teori permintaan.  Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk  mengetahui  dan  menganalisis  bagaimana pengaruh dari variabel label halal, pendapatan dan harga produk terhadap preferensi konsumen dalam keputusan pembelian produk makanan impor. Berdasarkan hasil analisis regresi logistik

menggunakan program SPSS 21, menunjukkan bahwa secara serentak maupun parsial seluruh

variabel bebas (labelisasi halal, pendapatan dan harga produk) memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap preferensi konsumen dalam keputusan pembelian produk makan impor pada mahasiswa Universitas Brawijaya angkatna 2014 hingga 2017.

 

Kata Kunci: Preferensi Pembelian, Makanan Impor, Label Halal, Pendapatan, Harga Produk

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.