ANALISIS PENGARUH LABEL HALAL, PENDAPATAN DAN HARGA PRODUK TERHADAP PREFERENSI KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MAKANAN IMPOR
Abstract
Dewasa ini globalisasi, perdagangan bebas dan Masyarakat Ekonomi Asia (MEA) memberikan dampak bagi Indonesia salah satunya dengan semakin meningkatnya distribusi produk makanan dan minuman baik lokal maupun impor di masyarakat. Namun sayangnya masih terdapat sikap tidak peduli terhadap kehalalan produk dan kurangnya pengetahuan dan pemahaman konsumen atas suatu produk yang bersertifikat halal MUI, menjadikan dilakukan penelitian ini agar konsumen lebih selektif dalam memilih produk yang akan dikonsumsi melalui preferensi keputusan pembelian terutama pada makanan impor. Selain makanan berlabel halal terdapat beberapa variabel lain yang pada akhirnya dapat mempengaruhi preferensi konsumen dalam keputusan pembelian pada produk makanan impor yaitu pendapatan, dan harga produk.
Dimana lokasi penelitian yang dipilih adalah Universitas Brawijaya dengan 100 sampel penelitian pada mahasiswa Universitas Brawijaya untuk angkatan 2014 hingga 2017. Hasil survey dianalisis menggunakan teori konsumsi, teori labelisasi halal, teori pendapatan dan teori permintaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana pengaruh dari variabel label halal, pendapatan dan harga produk terhadap preferensi konsumen dalam keputusan pembelian produk makanan impor. Berdasarkan hasil analisis regresi logistik
menggunakan program SPSS 21, menunjukkan bahwa secara serentak maupun parsial seluruh
variabel bebas (labelisasi halal, pendapatan dan harga produk) memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap preferensi konsumen dalam keputusan pembelian produk makan impor pada mahasiswa Universitas Brawijaya angkatna 2014 hingga 2017.
Kata Kunci: Preferensi Pembelian, Makanan Impor, Label Halal, Pendapatan, Harga Produk
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.