Peran Mediasi Niat Pembelian Pada Pengaruh Norma Subjektif dan Persepsi Kegunaan terhadap Perilaku Belanja Online

Natasha Astria

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji peran mediasi niat pembelian pada pengaruh norma subjektif dan persepsi kegunaan terhadap perilaku belanja online serta  faktor-faktor  yang  memengaruhi  perilaku  belanja  online  dalam menggunakan e-commerce. Penelitian ini merupakan replikasi model Theory of Planned of Behavior (TPB) dan Technology Acceptance Model (TAM) dari penelitian   sebelumnya.   Penelitian   ini   menggunakan   pendekatan   kuantitatif, dengan metode survei dalam pengambilan data. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa S1 Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang yang pernah menggunakan e-commerce untuk melakukan belanja online. Total 276 kuesioner yang dapat diolah dengan menggunakan WarpPLS versi 3.0. Hasil analisis data menunjukkan bahwa niat pembelian merupakan  mediasi  sebagian  pada  pengaruh  norma  subjektif  dan  persepsi kegunaan terhadap perilaku belanja Online. Selain itu, perilaku belanja online dipengaruhi oleh norma subjektif, persepsi kegunaan, dan niat pembelian serta niat pembelian dipengaruhi oleh norma subjektif dan persepsi kegunaan. Implikasi dari penelitian ini relevan bagi pelaku bisnis e-commerce dalam memahami perilaku konsumen serta mengembangkan bisnis e-commerce.

Kata   kunci:   E-Commerce,   Perilaku   Belanja   Online,   Norma   Subjektif, Persepsi Kegunaan, Niat Pembelian, WarpPLS


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.