Peran Mediasi Niat Pembelian Pada Pengaruh Norma Subjektif dan Persepsi Kegunaan terhadap Perilaku Belanja Online
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji peran mediasi niat pembelian pada pengaruh norma subjektif dan persepsi kegunaan terhadap perilaku belanja online serta faktor-faktor yang memengaruhi perilaku belanja online dalam menggunakan e-commerce. Penelitian ini merupakan replikasi model Theory of Planned of Behavior (TPB) dan Technology Acceptance Model (TAM) dari penelitian sebelumnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode survei dalam pengambilan data. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa S1 Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang yang pernah menggunakan e-commerce untuk melakukan belanja online. Total 276 kuesioner yang dapat diolah dengan menggunakan WarpPLS versi 3.0. Hasil analisis data menunjukkan bahwa niat pembelian merupakan mediasi sebagian pada pengaruh norma subjektif dan persepsi kegunaan terhadap perilaku belanja Online. Selain itu, perilaku belanja online dipengaruhi oleh norma subjektif, persepsi kegunaan, dan niat pembelian serta niat pembelian dipengaruhi oleh norma subjektif dan persepsi kegunaan. Implikasi dari penelitian ini relevan bagi pelaku bisnis e-commerce dalam memahami perilaku konsumen serta mengembangkan bisnis e-commerce.
Kata kunci: E-Commerce, Perilaku Belanja Online, Norma Subjektif, Persepsi Kegunaan, Niat Pembelian, WarpPLS
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.