Praktik Akuntansi dan Implikasinya Pada Kualitas Informasi (Sebuah Studi Pada UMKM)

Devi Probosari

Abstract


Studi ini meneliti implementasi akuntansi pada UMKM serta implikasinya terhadap kualitas informasi dan pengambilan keputusan studi kasus pada CV. X. Tujuan penelitian adalah untuk memperoleh gambaran mengenai praktik akuntansi yang diterapkan pada CV. X dan mengetahui alasan di balik implementasinya serta mengetahui implikasi atas penerapan praktik akuntansi tersebut terhadap kualitas informasi yang dihasilkan oleh CV. X.

Penelitian ini ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode pendekatan studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah UMKM skala menengah di daerah Pasuruan yang bergerak di industry concentrate block. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder dan primer. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, studi literatur dan studi web. Penelitian ini menggunakan teknik deskriptif untuk melakukan analisa data.

Hasil penelitian ini menyatakan praktik akuntansi pada CV. X belum sepenuhnya mengacu pada SAK ETAP. Meskipun telah mampu menyusun sejumlah laporan keuangan sesuai amanat ETAP, CV. X belum mampu mengimplementasikan akuntansi yang sesuai standar dengan baik. Hal ini didasari berbagai faktor diantaranya lingkungan, minimnya kompetensi sumber daya manusia perusahaan, kelemahanan dalam sistem pengendalian perusahaan serta kurangnya peraturan dan pengaturan dari pemerintah. Dampaknya perusahaan gagal memenuhi syarat kualitatif dari kualitas informasi. Namun hal tersebut ternyata tidak berpengaruh pada kemampuan perusahaan untuk menghasilkan informasi yang berkualitas. Buruknya praktik akuntansi pada CV. X rupanya tidak berpengaruh secara signifikan dalam proses pengambilan keputusan.

 

Kata Kunci     : Implementasi akuntansi, UMKM, Kualitas Informasi akuntansi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.