ANALISIS KINERJA KEUANGAN DAERAH TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DAN KETIMPANGAN REGIONAL DI ERA DESENTRALISASI FISKAL (Studi Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Timur Periode 2008-2012)

Alfionita Putri Yuana

Abstract


Penelitian ini menganalisis pengaruh langsung maupun tidak langsung kinerja keuangan daerah yang diukur dari rasio kemandirian daerah, rasio efektivitas daerah terhadap pertumbuhan ekonomi dan ketimpangan regional di 38 kabupaten/kota Provinsi Jawatimur tahun 2008-2012. Metode analisis yang digunakan untuk melihat pengaruh variabel-variabel tersebut adalah metode analisis jalur (Path Analysis) dengan menggunakan aplikasi software SPSS versi 15. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara langsung rasio kemandirian dan rasio efekivitas memiliki pengaruh positif signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi, sedangkan secara tidak langsung rasio kemandirian dan rasio efektivitas memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap ketimpangan regional melalui pertumbuhan ekonomi. Sementara, rasio kemandirian daerah memiliki pengaruh signifikan secara langsung terhadap ketimpangan regional, namun rasio efektivitas tidak memiliki pengaruh signifikan secara langsung terhadap ketimpangan regional, sehingga rasio efektivitas dihilangkan menggunakan metode trimming.

Kata kunci: Desentralisasi Fiskal, Kinerja Keuangan Daerah, Rasio Kemandirian Daerah, Rasio Efektivitas Daerah, Pertumbuhan Ekonomi, Ketimpangan Regional, Analisis Jalur (Path Analysis), Metode Trimming


Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.