ANALISIS VARIABEL YANG MEMPENGARUHI RETURN ON EQUITY (ROE) (StudiPada Perusahaan Farmasi yang Listing di Bursa Efek Indonesia)

Rino Adlis Azhari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kontribusi tingkat Current Ratio,Debt to Equity Ratio, Total Asset Turnover, Net Profit Margin terhadap besarnya Return on Equity(ROE) baik secara simultan maupun secara parsial. Selain itu tujuan yang kedua adalah untuk mengetahui variabel manakah yang dominan pengaruh nya terhadap ROE.

Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 8 perusahaan farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan aspek yang diteliti yaitu laporan keuangan tahunan periode 2009-2011. Sampel dalam penelitian diambil dengan purposive sampling. Uji hipotesis menggunakan uji F hitung dan t hitung. Untuk menganalisis data yang digunakan uji regresi berganda dan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastistas dan uji autokorelasi.

Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh signifikan antara Current Ratio terhadap Return On Equity. Sedangakan variabel - variabel lain yaitu Debt to Equity Ratio, Total Asset Turnover, dan Net Profit Margin tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Return On Equity.

Kata Kunci     :Perusahaan Farmasi, Current Ratio,Debt to Equity Ratio, Total Asset Turnover, Net Profit Margin, Return On Equity

 


Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.