Identifikasi Kesiapan Daya Saing Industri Kecil Menengah (IKM) Alas Kaki Di Kota Mojokerto Menghadapi Pasar Bebas Asean (Studi Kasus Kota Mojokerto)

Kartika Ayu Megasari

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui kondisi perkembangan IKM alas kaki di Kota Mojokerto. 2) Untuk mengetahui kondisi daya saing IKM alas kaki di Kota Mojokerto menghadapi pasar bebas ASEAN.

Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif, yaitu metode penelitian kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata, tulisan atau lisan dan orang-orang yang berperilaku yang dapat diamati. Fokus penelitian ini lebih dititik beratkan pada bidang perencanaan pembangunan dalam hal ini terkait dengan kondisi perkembangan dan daya saing IKM alas kaki di Kota Mojokerto dalam menghadapi pasar bebas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, maka dalam penelitian ini analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dengan model interaktif.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa kondisi perkembangan IKM alas kaki di Kota Mojokerto dapat diketahui bahwa adanya kecenderungan mengalami peningkatan hasil penjualan pada IKM alas kaki di Kota Mojokerto tahun 2010-2013 Kondisi daya saing IKM alas kaki di Kota Mojokerto menghadapi pasar bebas ASEAN dapat diketahui bahwa : 1) pemilik selalu berupaya untuk melakukan perbaikan mutu maupun model produk sehingga konsumen dapat menerima atas produk yang ditawarkan kepada konsumen.  2) memberikan jaminan kepuasan kepada konsumen yaitu dengan menghasilkan produk yang benar-benar sesuai dengan kondisi pasar sehingga jaminan atas kualitas produk menjadi hal pokok atau utama agar produk dapat diterima oleh konsumen 3) berupaya menjalankan aktivitas operasional yang dilakukan sesuai dengan prosedur yang ditetapkan 4) menyediakan fasilitas yang memenuhi, mempertahankan atas kualitas produk serta memaksimalkan penggunaan teknologi dan 5) dukungan promosi menjadi kebijakan yang akan diambil digunakan untuk memberikan jaminan bahwa aktivitas produksi dapat dilaksanakan sesuai dengan ketentuan.

Kata Kunci: Kesiapan Daya Saing IKM dan Pasar Bebas Asean


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.