ANALISIS LINGKUNGAN SEBAGAI DASAR UNTUK MENENTUKAN KESESUAIAN PENERAPAN STRATEGI PADA SUATU PERUSAHAAN (STUDI KASUS PADA PT. MULCINDO - GRESIK)

Aisyah Kiki Farashinta, Bambang Hariadi

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peran perusahaan untuk peka terhadap lingkungan sebagai salah satu upaya untuk menentukkan strategi yang sesuai dengan kondisi lingkungan disekitarnya. Ada dua faktor yang mempengaruhi yaitu lingkungan internal dan lingkungan eksternal. Penelitian ini akan melakukan evaluasi serta analisis dengan mempertimbangkan subfaktor dari faktor utama yang berpengaruh terhadap penentuan  strategi perusahaan. Selain itu, peneliti berusaha menganalisis kesesuaian penerapan strategi yang selama ini dilaksanakan perusahaan dengan kondisi lingkungan disekitarnya. Agar kita bisa mengevaluasi tingkat kesesuaian strategi dengan kondisi lingkungan yang ditinjau dari beberapa faktor tersebut, maka digunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi yang selama ini dilaksanakan perusahaan perlu mengalami perubahan yang semula adalah strategi pengembangan produk dan pengembangan pasar, maka dari hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa perusahaan sebaiknya menerapkan strategi pengembangan pasar dengan beberapa wilayah baru seperti Papua, Maluku, Palu, Manado dan Makassar.

Kata Kunci : Analisis Lingkungan Internal; Analisis Lingkungan Eksternal; SWOT; QSPM.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.