ANALISIS PENGARUH PRIVASI, KEAMANAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP NIAT UNTUK BERTRANSAKSI SECARA ONLINE DI OLX.CO.ID

Muhammad Syaifudin, Dimas Hendrawan

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perubahan pola perilaku dan kebutuhan konsumenyang dikarenakan perkembangan teknologi dan arus informasi menjadikan lebih bertingkah laku praktis yang berarti konsumen membutuhkan kecepatan dan ketepatan dalam pemenuhan kebutuhannya. Hal ini menyebabkan terus berubahnya model e-commerce yang dikembangkan dengan pengemasan teknologi dan informasi yang lebih modern. Masyarakat secara umum menyebutkan bahwa e-commerce merupakan jawaban atas kecepatan dan ketepatan pemenuhan kebutuhan dimana e-commerce menawarkan salah satu keunggulan kompetitifnya yaitu menghapus konsep ruang dan waktu.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh privasi, keamanan, dan kepercayaan terhadap niat bertransaksi secara online di OLX.co.id baik secara simulutan maupun parsial serta mengetahui dan menganalisis variabel independen manakah yang berpengaruh dominan terhadap niat bertransaksi secara online di OLX.co.id.

Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanatory research dengan metode suvei dan jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 110 responden. Tehnik pengambilan sampel tersebut diperoleh dengan menggunakan metode Accidental Sampling. Sumber data menggunakan data primer dan menggunakan data sekunder yaitu literatur dan dari internet. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan analisis melalui bantuan program SPSS, yaitu: Analisis Regresi Linear.

Dari hasil penelitian dengan langkah-langkah yang dijelaskan di atas diperoleh hasil bahwa berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda dengan menggunakan uji F (simultan) maka dapat disimpulkan bahwa variabel privasi, keamanan, dan kepercayaan memiliki pengaruh secara simulutan atau serentak terhadap variabel niat bertransaksi, kemudian hasil analisis uji t dapat disimpulkanvariabel privasi, keamanan, dan kepercayaan berpengaruh signifikan secara parsial terhadap variabel niat bertransaksi, dan berdasarkan hasil koefisien regresi (Standardized Coeffucients Beta) masing-masing, maka dapat ditemukan bahwa variabel yang berpengaruh dominan terhadap niat bertransaksi secara online di OLX.co.id adalah variabel keamanan.

Katakunci: E-commerce, Privasi, Keamanan, Kepercayaan dan Niat Bertransaksi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.