PENGARUH KELOMPOK REFERENSI DAN KELUAGA TERHADAP KEPUTUSAN SISWA DALAM MENGGUNAKAN PROGRAM INTENSIF SBMPTN PADA LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR PRIMAGAMA JL. RONGGO WARSITO NO.17 MALANG

Riko Hartantyo, Margo no

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh  kelompok referensi dan keluarga terhadap keputusan siswa dalam menggunakan program intensif SBMPTN pada lembaga bimbingan belajar primagama Jl. Ronggo Warsito No.17 Malang. Jenis penelitian ini adalah explanatory research yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesis.

Penelitian ini menggunakan seluruh siswa yang menggunakan program intensif SBMPTN pada lembaga bimbingan belajar primagama Jl. Ronggo Warsito No.17 Malang yang berjumlah 47 siswa sebagai responden. Alat Uji yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari: Uji Instrumen penelitian (Uji validitas dan Realibilitas), Uji Asumsi Klasik, Uji Hipotesis. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.

Berdasarkan hasil dari penelitian dan pembahasan terhadap data yang ada, diperoleh temuan sebagai berikut:

  1. Variabel kelompok referensi dan keluarga berpengaruh secara simultan dan parsial terhadap keputusan siswa dalam menggunakan jasa program intensif SBMPTN pada lembaga belajar primagama Jl. Ronggo Warsito No.17 Malang. Hasil penelitian ini memiliki makna bahwa kelompok referensi dan keluarga terbukti secara empiris, baik secara bersama-sama maupun terpisah mempengaruhi siswa dalam menggunakan jasa program intensif SBMPTN pada primagama Jl. Ronggo Warsito No.17 Malang.
  2. Variabel Kelompok Referensi berpengaruh dominan terhadap keputusan siswa dalam menggunakan jasa program intensif SBMPTN pada primagama Jl. Ronggo Warsito No.17 Malang.
  3. Kelompok persahabatan siswa  dan Ibu Siswa merupakan pihak yang memberikan stimulus paling besar kepada siswa untuk menggunakan jasa program intensif SBMPTN pada primagama Jl. Ronggo Warsito No.17 Malang
Kata Kunci: Kelompok referensi, Keluarga, Keputusan Pembelian Konsumen

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.