Strategi Pengembangan Perusahaan Roti Hawaii Bakery Kota Malang

Ine Madinatul Munawaroh, M. Syafiie Idrus

Abstract


Penelitian ini dimaksudkan untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan,
peluang, dan ancaman yang dimunculkan oleh faktor eksternal dan faktor internal, yang mempengaruhi pengembangan usaha di perusahaan roti Hawaii  Bakery Malang  dan untuk merumuskan alternatif strategi dan pilihan strategi pengembangan pada perusahaan roti Hawaii Bakery yang dapat dijalankan Hawaii Bakery Malang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan  rancangan studi kasus strategi pengembangan pada perusahaan roti Hawaii  Bakery  Malang agar dapat mengetahui kendala-kendala yang sedang dan yang akan dihadapi perusahaan, serta memberikan alternatif strategi yang tepat untuk diterapkan oleh perusahaan roti Hawaii Bakery Malang. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data yang diperoleh diolah dan dianalisis dengan metode analisis yang digunakan yaitu matriks EFAS, matriks IFAS, matriks IE, matriks SPACE, dan QSPM. Berdasarkan analisis lingkungan eksternal dan internal ternyata perusahaan roti Hawaii  Bakery  Malang berada pada posisi berbenah diri / konservatif serta sedang dalam kondisi tumbuh dan membangun, sehingga perusahaan roti Hawaii Bakery Malang perlu menerapkan strategi WO. Dalam penerapan strategi WO tersebut dan menurut matriks QSPM maka perusahaan roti Hawaii Bakery Malang perlu memprioritaskan penerapan strategi pengembangan produk, di samping penerapan strategi pengembangan pasar, penetrasi pasar, dan yang  terakhir adalah penerapan strategi diversifikasi terkait. Penerapan strategi-strategi tersebut bertujuan untuk mengembangkan perusahaan di tengah kondisi persaingan yang semakin ketat.

Kata Kunci : Strategi Pengembangan, Lingkungan Eksternal dan Internal

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.