PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP PENINGKATAN NILAI PENJUALAN PADA PERUSAHAAN ROKOK PUTRA MASA DEPAN NGANJUK

Faidul Mannan, Surach man

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara simultan dan parsial variabel bauran pemasaran yang terdiri dari Produk, Harga, Promosi dan Saluran distribusi terhadap variabel penjualan dan mengetahui variabel bauran pemasaran yang memiliki pengaruh paling dominan terhadap variabel penjualan.

Jenis peneilitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (explanatory research). Dengan melakukan pengamatan yang dilakukan untuk periode 3 tahun setiap bulan, mulai 2008 sampai 2010. Metode analisis data yang digunkan adalah Regresi Berganda dan Uji Asumsi Klasik sedangkan untuk pengujian hipotesis adalah dengan Uji F dan Uji t.

Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa Variabel Biaya Produk (X1), Tingkat Harga (X2), Biaya Promosi (X3), dan Biaya Saluran Distribusi (X4) secara bersama-sama memiliki pengaruh yang sangat signifikan terhadap peningkatan penjualan yang ditunjukkan dengan tingkat siginfikansi F kurang dari 5% (0,000 < 0,05) serta dari hasil perhitungan Fhitung yang lebih besar dari Ftabel (64,595 > 2, 679). Berdasarkan uji t dapat diketahui bahwa Variabel Biaya Produk (X1) mempunyai pengaruh dominan dibanding Variabel Tingkat Harga (X2), Biaya Promosi (X3), dan Biaya Saluran Distribusi (X4) dengan nilai thitung sebesar 4,348. Pada penelitian ini juga diperoleh koefisien determinasi sebsar 0,893 yang menunjukkan bahwa 89,3% keragaman pada variabel dependen Y (Penjualan) dapat dijelaskan oleh variabel independen X (Biaya Produksi, Tingkat Harga, Biaya Promosi dan Biaya Saluran Distribusi), sedangkan sisanya sebesar 10,7% akan dijelaskan oleh faktor lain diluar persamaan regresi.

Temuan dari hasil penelitian ini memiliki implikasi kepada manajemen, bahwa dalam pengambilan kebijaksanaan manajerial, penerapan konsep bauran pemasaran masih dapat mengikuti perkembangan persaingan yang terjadi saat sekarang ini karena pengaruhnya terhadap peningkatan penjualan positif dan signifikan dengan lebih memfokuskan pada dimensi produk untuk lebih meningkatkan penjualan. Disamping itu, manajemen dapat memformulasikan beberapa kebijakan pemasaran yang lain, seperti penetapan harga yang terjangkau, kebijakan promosi penjualan dan pengembangan saluran distribusi.

Kata Kunci : Produk, Harga, Promosi, Saluran Distribusi dan Peningkatan Penjualan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.