EVALUASI MANAJEMEN PIUTANG MAHASISWA BADAN LAYANAN UMUM PERGURUAN TINGGI NEGERI ( Studi Kasus Pada Universitas X )

Rio Dwie Permana, Helmy Adam

Abstract


Perubahan tarif layanan  pendidikan tinggi,  dan  tunggakan  yang dilakukan mahasiswa, menyebabkan timbulnya piutang mahasiswa bagi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) berbentuk Badan layanan Umum (BLU)  pada Universitas X.  Penelitian ini  bertujuan untuk mendeskripsikan proses terjadinya piutang mahasiswa, menilai keefisiensian kinerja piutang mahasiswa, dan faktor yang mempengaruhi.  Penelitian  ini menggunakan metode  deskriptif kualitatif, didukung analisis menggunakan rasio perputaran piutang dan rasio rata-rata jangka waktu pengumpulan piutang, berdasarkan data piutang mahasiswa tahun 2011 sampai dengan tahun 2013.  
Penelitian ini menunjukkan kinerja piutang mahasiswa masih belum efisien, nilai piutang mahasiswa mencapai 38% dari aset lancar, pemberian piutang kurang selektif, dan penagihan yang pasif. Kelemahan  yang ditemukan,  sistem tidak mampu menunjukkan umur piutang secara jelas,  saldo kas untuk menutup operasional cukup tinggi,  terhambatnya  kegiatan operasional dan pembangunan,  tidak konsistennya hukuman bagi pelaku penunggakan. Rekomendasi yang diberikan, lebih selektif dalam memberikan piutang, menambahkan menu umur piutang dalam sistem, bersedia mengorbankan biaya dan waktu pada saat terjadi piutang mahasiswa, lebih aktif dalam melakukan manajemen kas, menyusun pagu pemberian piutang mahasiswa, meningkatkan konsistensi hukuman berupa pemblokiran.

Kata Kunci      :   Badan Layanan Umum, Piutang Mahasiswa, Manajemen Piutang, Prosedur Piutang, Kinerja Piutang, Faktor Piutang.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.