Analisa Penerapan Prinsip Good Coorporate Governance (GCG) Pada PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk

Galih Rachmandy, SE, Prof. Eko Ganis S., SE., M.Com.[Hons.], Ph.D.

Abstract


Penerapan good corporate governance telah menjadi isu sentral dalam menunjang pemulihan ekonomi.  Seiring dengan pertumbuhan dan perkembangan ekonomi, perusahaan dituntut untuk dapat mengimbanginya. Maka diperlukan adanya sistem pengelolaan serta pengendalian manajerial yang tepat pada perusahaan. Dengan adanya tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance) diharapakan dapat memberikan dampak yang positif baik secara langsung maupun tidak langsung.

Bank adalah lembaga intermediasi yang dalam menjalankan kegiatan usahanya bergantung pada dana masyarakat dan kepercayaan baik dari dalam maupun luar negeri. Dalam menjalankan kegiatan usaha tersebut bank  menghadapi  berbagai  risiko, baik  risiko  kredit,  risiko  pasar, risiko  operasional maupun  risiko  reputasi. Banyaknya ketentuan yang mengatur sektor perbankan dalam rangka melindungi kepentingan masyarakat. Untuk itu diperlukan good corporate governance sebagai  syarat mutlak bagi dunia perbankan untuk berkembang dengan baik dan  sehat.

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui sejauh mana penerapan prinsip Good Corporate Governance pada PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk yang berpedoman pada pedoman umum good corporate governance indonesia tahun 2006. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif dengan  menggunakan  pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Studi Pustaka atau Literatur (Library Research) dan Content Analysis.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum penerapan prinsip  good corporate governance yang meliputi keterbukaan, akuntabilitas, pertanggungjawaban, independensi dan kewajaran pada PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk dilaksanakan dengan cukup baik. Perusahaan memberikan tentang bagaimana penerapan dari masing-masing prinsip tersebut. Walaupun penerapannya sudah dikatakan cukup baik, akan tetapi adapun saran yang oleh peneliti, sebaiknya informasi yang diungkapkan dalam laporan tata kelola perusahaan disajikan lebih rinci dan detail. Tiap-tiap pos hendaknya diberikan penjelas sehingga para pengguna informasi tersebut lebih mudah memahaminya.

Kata kunci: good corporate governance, BTN, keterbukaan, akuntabilitas, tanggungjawab, independensi, kewajaran.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.