TINGKAT KONTRIBUSI DAN EFEKTIFITAS PAJAK HOTEL DAN RESTORAN PADA PENDAPATAN DAERAH (PAD) KABUPATEN MALANG , JAWA TIMUR

Arif suciadi Romadhon

Abstract


Sumber penerimaan PAD antara lain berasal dari pungutan pajak daerah, retribusi daerah, hasil dari perusahaan daerah, penerimaan dari dinasdinas, serta penerimaan lainnya yang termasuk dalam PAD yang bersangkutan, dan merupakan pendapatan daerah yang sah. Jumlah penerimaan komponen pajak daerah dan retribusi daerah sangat dipengaruhi oleh banyaknya jenis Pajak Daerah dan Retribusi Daerah yang diterapkan serta disesuaikan dengan peraturan yang berlaku yang terkait dengan penerimaan kedua komponen tersebut.

Jenis penelitian yg digunakan adalah pendekatan deskriptif kuantitatif, penelitian hanya terbatas pada prosentase yang di dapat dari data kuantitaif yg berkaitan dengan penerimaan pajak hotel dan restoran di Kabupaten Malang. selanjutnya dari hasil perhitungan prosentase tersebut. Metode Analisis Data, gambaran tentang perkembangan penerimaan pendapatan asli daerah, pertumbuhan pajak daerah, pemungutan pajak daerah, serta pertumbuhan pajak hotel dan restoran sebelum kena pemungutan pajak dan setelah dipungut pajak. Analisis kontribusi Analisis Efektifitas, Analisis efesiensi.

Target dan realisasi pajak hotel dan restoran di Kabupaten Malang tahun 2009-2013 sebelum terkena pajak berdasarkan Peraturan Bupati No 8 tahun 2010 tentang pajak daerah, dari target diketahui adanya peningkatan dari tahun 2011 sampai dengan tahun 2013. begitu juga dengan realisasi dari tahun 2009 – 2013 mengalami peningkatan.

\

Keyword : efektifitas pajak hotel dan restoran, kontribusi pajak hotel dan restoran, DPPKA dispenda Kabupaten Malang.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.