PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP HARGA SAHAM (Studi Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

Kurnia Syafaatul L.

Abstract


Penelitian ini menguji pengaruh good corporate governance terhadap harga saham. Good corporate governance yang digunakan adalah kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, komisaris independen, ukuran dewan direksi, dan komite audit. Harga saham yang digunakan adalah harga saham penutupan pada saat penyerahan laporan keuangan tahunan pada bursa efek Indonesia. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling, dan diperoleh 47 perusahaan sampel dari populasi sebesar 148 perusahaam manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2011. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda yang diolah dengan menggunakan program SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa harga saham dipengaruhi oleh good corporate governance, yaitu komisaris independen dan ukuran dewan direksi. Sedangkan kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, dan komite audit tidak berpengaruh terhadap harga saham.

Kata kunci: Good corporate governance, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, komisaris independen, ukuran dewan direksi, komite audit, harga saham

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.