PENGEMBANGAN STRATEGI PEMASARAN PADA RUMAH MAKAN SUKAKU ALAMI ORGANIK FOOD BATU

Muthi' Abul Khair, Mintarti Rahayu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan secara lebih mendalam mengenai karakteristik segmen pasar sasaran, faktor-faktor bauran pemasaran yang dipertimbangkan oleh konsumen dalam memilih rumah makan yang ada di Kota Batu, penentuan positioning produk yang perlu dilakukan oleh Rumah Makan (RM) Sukaku Alami,  dan strategi pemasaran yang sesuai dengan segmen pasar sasaran RM Sukaku Alami. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Hasil analisis menunjukkan karakteristik segmen pasar sasaran RM Sukaku Alami dapat dijelaskan berdasarkan karakteristik geografi, demografi, psikografi dan perilaku. Berdasarkan geografi, pengunjung terbanyak yang berwisata ke Kota Batu adalah Kota Surabaya. Berdasarkan demografi, rombongan yang paling banyak dijumpai pada hari libur adalah dari rombongan sekolah baik SD, SMP, SMA atau Universtitas, pada hari biasa dari keluarga dan teman. Berdasarkan psikografi, wisata yang paling banyak dijumpai pada hari libur adalah Jatim Park 1 dan Jatim Park 2, pada hari biasa museum angkut. Berdasarkan perilaku, saat menikmati makanan pada hari libur rombongan wisatawan menggunakan jasa katering (nasi kotak), pada hari biasa mencari rumah makan/ restoran terkenal di pinggir jalan. Dari faktor-faktor bauran pemasaran pertimbangan konsumen dalam memilih rumah makan di Kota Batu adalah harga; harga yang terjangkau, adanya paket harga, harga sesuai kualitas, tempat; tempat yang strategis mudah di akses, suasana yang nyaman, tempat parkir yang luas, produk; menu produk yang bervariasi, memiliki komposisi yang bergizi, cita rasa yang lezat, produk yang disajikan higienis, promosi; mempunyai website khusus, adanya peta petunjuk dalam brosur, adanya potongan harga atau diskon, publikasi yang disampaikan sesuai dengan kualitas produk. Penentuan positioning produk yang perlu dilakukan oleh RM Sukaku Alami adalah melakukan inovasi-inovasi pengembangan produk dengan menciptakan variasi menu baru, harga yang terjangkau, kesegaran bahan baku, tampilan masakan serta bahan pelengkap dan porsi yang pas. Sehubungan dengan hasil penelitian ini maka strategi pemasaran yang sesuai dengan segmen pasar sasaran yang dapat digunakan oleh RM Sukaku Alami adalah dengan menerapkan strategi positioning produk dan pengembangan pemasaran dari bauran pemasaran.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.