MEMBANGUN PENGEMBANGAN PELATIHAN, KEBERANIAN, KEPEMIMPINAN, SERTA JIWA PENGABDIAN KEPADA BANGSA DAN NEGARA DI SATUAN PASUKAN SATYA PROVIDERS OSE RED SEKOLAH MENENGAH ATAS LABORATORIUM UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Choirul Anam, Armanu Thoyib

Abstract


Kelebihan daripada penelitian ini adalah sifat kepemimpinan dan kedisiplinan yang tinggi ada pada siswa-siswi (generasi muda) bilamana mereka masuk di dalam organisasi paskibra yaitu satuan pasukan  satya providers ose red  dapat disingkat menjadi satuan pasukan SATDIVERS dengan konsep  one voice  yaitu satu suara. Serta pelatihan dan pengembangan yang ada di SATDIVERS menyesuaikan dengan sumberdaya manusia yang ada di organisasi tersebut dan adanya kerjasama dengan purna SATDIVERS sebagai motivator dan pelatih.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelatihan dan pengembangan, mengetahui kepemimpinan, dan organisasi pembelajaran dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Penelitian yang digunakan berupa wawancara, observasi dan dokumentasi.

Dari hasil  wawancara dapat diketahui bahwa pelatihan dan pengembangan mempunyai pengaruh yang penting di dalam sebuah organisasi. Hal ini menunjukkan bahwa pelatihan dan pengembangan setiap tahunnya mengalami perubahan yang disesuaikan dengan sumberdaya manusia. Untuk kepemimpinan mempunyai andil dalam proses pelatihan dan pengembangan dikarenakan kepemimpinan memiliki tujuan yang dicapai secara bersama dan membentuk karakter siswa-siswi yang bertanggung jawab. Serta organisasi pembelajaran mempunyai pemikiran dan kebudayaan yang berbeda untuk disatukan menjadi satu agar tercipta satu tujuan dalam kelompok kecil ataupun kelompok besar. Hal ini menunjukkan dalam struktur organisasi setiap elemen memiliki peran dan fungsi yang berbeda akan tetapi bisa disatukan demi terwujudnya tujuan, visi dan misi bersama.

Dalam interpretasi bahwasanya pelatihan dan pengembangan,kepemimpinan dan organisasi pembelajaran dapat dijabarkan lebih dalam dan dapat dimaknai serta dapat disimpulkan dari hasil wawancara.

Kata Kunci  : Pelatihan dan Pengembangan, Kepemimpinan, Organisasi Pembelajaran, Sumberdaya Manusia, Kebudayaan, Visi dan Misi.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.