PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PERUSAHAAN ROKOK MARGANTARA JAYA TULUNGAGUNG

Novanda Sonia Kasih, Fatchur Rohman

Abstract


Masalah kualitas produk merupakan sesuatu hal yang amat penting dalam rangka keberhasilan pencapaian tujuan perusahaan baik jangka pendek maupun jangka panjang. Pengendalian kualitas merupakan suatu aktivitas perusahaan untuk menjaga dan mengarahkan agar kualitas produk perusahaan dapat dipertahankan sebagaimana yang telah direncanakan. Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh variabel kualitas produk yang meliputi  performance  (kinerja),  features  (ciri-ciri tambahan),  reliability (kehandalan),  conformance  (kesesuaian dengan spesifikasi),  durability  (daya tahan),  durability  (daya tahan),  serviceability,  estetika  dan  perceived quality (kualitas yang dipersepsikan)  terhadap kepuasan konsumen  dan 2)  Untuk mengetahui dan menganalisis variabel kualitas produk yang mempunyai pengaruh dominan terhadap kepuasan konsumen. Jenis penelitian ini dapat dikatakan sebagai Explanatory Research dengan prosedur pengujian hipotesis  (hypotesis testing) untuk menjawab pertanyaan dan tujuan penelitian. Penelitian explanatory dilakukan untuk memberikan penjelasan dan gambaran mengenai fenomena yang dikembangkan dalam model.  Objek penelitian diadakan di sekitar Perusahaan Rokok Margantara Jaya Tulungagung. Populasi dalam penelitian ini yaitu masyarakat di  sekitar Perusahaan Rokok Margantara Jaya Tulungagung yang telah melakukan pembelian produk yang jumlahnya tidak diketahui, dengan menggunakan teknik purposive sampling maka jumlah sampel yaitu sebanyak 100 sampel. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda yang telah dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan kesimpulan: 1) Variabel kulitas produk yang meliputi  performance (kinerja),  features  (ciri-ciri tambahan),  reliability  (kehandalan),  conformance (kesesuaian dengan spesifikasi), durability  (daya tahan), durability  (daya tahan), serviceability,  estetika  dan  perceived quality  (kualitas yang dipersepsikan)  baik secara simultan dan secara parsial berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pada Perusahaan Rokok Margantara Jaya Tulungagung.  2)  Variabel  reliability (kehandalan)  yang berpengaruh dominan terhadap peningkatan Penjualan Perusahaan Rokok Margantara Jaya Tulungagung.

Kata Kunci:  Kualitas Produk dan Kepuasan Konsumen


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.