Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Resiko, Persepsi Manfaat, dan Persepsi Kontrol Perilaku Terhadap Niat Penggunaan Sistem E-Commerce
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi niat untuk menggunakan sistem e-commerce. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang dengan menggunakan metode survei. Peneliti memperoleh respon sebanyak 225 mahasiswa Jurusan Akuntansi yang menggunakan layanan sistem e-commerce. Peneliti menggunakan Partial Least Square (PLS) untuk menguji data penelitian. Hasil pengujian untuk model ini menunjukkan bahwa konstruk kepercayaan, persepsi manfaat, dan persepsi kontrol perilaku berpengaruh terhadap niat penggunaan sistem e-commerce. Sebaliknya, konstruk persepsi resiko tidak berpengaruh terhadap niat penggunaan sistem e-commerce. Hal ini berarti bahwa niat untuk menggunakan sistem e-commerce dipengaruhi oleh kepercayaan, persepsi manfaat, dan persepsi kontrol perilaku. Implikasi dari penelitian ini bagi pihak manajemen perusahaan dan pengembang sistem layanan e-commerce agar memperhatikan kembali faktor kepercayaan, manfaat, dan kontrol perilaku dalam menerapkan dan mengembangkan transaksi e-commerce pada sistem jual belinya.
Kata Kunci: kepercayaan, persepsi resiko, persepsi manfaat, persepsi kontrol perilaku, niat, e-commerce
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.