Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza Auto 2000 Sukun Malang

Wemi Ratna Kumala, Mugiono . SE.,MM

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh dari bauran pemasaran, yang terdiri dari produk, harga, promosi dan saluran distribusi terhadap keputusan pembelian mobil Toyota Avanza, baik secara simultan maupun parsial serta untuk mengetahui variabel mana yang dominan. Jenis penelitiannya adalah Exsplanatory Reseacrh dan penelitian ini mengambil sampel sebanyak 72 responden melalui kuesioner, wawancara dan dokumentasi.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Variabel dependen (terikat) yaitu keputusan pembelian dan variabel bebas yaitu produk (X1), harga (X2), promosi (X3), saluran distribusi (X4). Hasil analisis yang diperoleh adalah bahwa dari keempat variabel bebas tersebut diatas mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel terikat, produk dengan β1=0,337, harga dengan β2=0,260, promosi dengan β3=0,218, dan saluran distribusi dengan β4=0,219. Secara simultan semua variabel bebas mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian dengan signifikansi sebesar 0,000 (0,000 < 0,05), dengan koefisien determinasi ( adjusted R square ) 48,5 %. Variabel yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian adalah produk dengan koefisien beta terstandarisasi sebesar 0,337.

Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian ini adalah keempat variabel independen. (Bauran Pemasaran), yaitu produk (X1), harga (X2), promosi (X3), saluran distribusi (X4), semuanya berpengaruh baik secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian (Y) secara signifikan. Variabel produk (X1) merupakan variabel yang mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian. Dengan diketahui bahwa keempat variabel bebas (Bauran Pemasaran): Produk (X1), Harga (X2), Promosi (X3), Saluran Distribusi (X4) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y), diharapkan AUTO 2000 Sukun Malang dapat terus meningkatkan kualitas dan kuantitas produk yang dihasilkan.

Kata kunci : Bauran pemasaran, produk, harga, promosi, saluran distribusi, keputusan pembelian

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.