Penerapan Model Hirarki Kebutuhan Maslow pada Perilaku Konsumsi (Studi pada Mahasiswa Migran dari Jakarta di Universitas Brawijaya)

Adam Apriliyadi, Asfi Manzilati

Abstract


Migrasi merupakan suatu komponen perubahan populasi. Migrasi yang dilakukan oleh pelajar-pelajar diseluruh Indonesia ke Kota Malang adalah akibat dari faktor daya tarik yang terdapat di Kota Malang. Faktor daya tarik dari Kota Malang salah satunya adalah pendidikan. Migrasi yang dilakukan pelajar-pelajar ke Kota Malang dapat berdampak pada perekonomian lewat bertambahnya jumlah konsumsi agregat masyarakat di Kota Malang. Salah satu kelompok masyarakat yang turut mempengaruhi populasi Kota Malang adalah mahasiswa migran dari Jakarta. Perilaku konsumsi mahasiswa migran yang berasal dari Jakarta dipengaruhi oleh Kebutuhan. Menurut Maslow terdapat 5 kebutuhan didalam setiap individu, yaitu fisiologis, rasa amal, rasa memiliki, harga diri, dan aktualisasi diri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model hirarki kebutuhan Maslow pada perilaku konsumsi mahasiswa migran dari Jakarta di Universitas Brawijaya.

Variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah perilaku konsumsi dengan indikatornya adalah kebutuhan menurut Maslow. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan teknik analisis statistik deskriptif. Dengan data primer yang diperoleh dengan cara Kuesioner dengan jenis skala pengukurannya adalah skala Likert.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa bagi mahasiswa migran yang berasal dari Jakarta, seluruh kebutuhan yang terdapat dalam hirarki Maslow harus dipenuhi, dan terdapat perbedaan keutamaan dalam pemenuhan kebutuhan bagi mahasiswa migran yang berasal dari Jakarta dengan kebutuhan menurut Maslow. Hal tersebut dapat terlihat dari proporsi respon setuju yang lebih banyak jumlahnya dari pada respon tidak setuju.

Kata kunci: Maslow, Kebutuhan, Konsumsi, Migran


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.