FORMULASI UNIT COST LAYANAN KESEHATAN PUSKESMAS DALAM RANGKA PENYUSUNAN RENCANA BISNIS DAN ANGGARAN (RBA) BADAN LAYANAN UMUM (Studi Kasus Pada Puskesmas Padas Kabupaten Ngawi)

Tetuko Onny Putra Harsetyanto

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah  untuk mendeskripsikan  formulasi  unit cost layanan  kesehatan untuk  penyusunan Rencana Bisnis dan Anggaran (RBA) Puskesmas BLUD, dengan metode Activity Based Costing (ABC) system. Penelitian ini bersifat kualitatif dan menggunakan instrumen studi kasus, dengan objek penelitian pada Puskesmas Padas Kabupaten Ngawi. Pengumpulan data sebagai bahan formulasi diperoleh dengan dokumentasi, rekaman arsip dan wawancara. Proses formulasi  unit  cost  sendiri menggunakan berbagai fasilitas formulasi pada Microsoft Office Excel yang telah diketahui secara umum. Hasil penelitian berhasil mendeskripsikan formulasi unit cost layanan, dengan 5  (lima) tahapan utama: penentuan  biaya  langsung  layanan  kesehatan; pengelompokkan biaya dan  penentuan  cost driver;  penentuan tarif per unit  cost driver;  penentuan biaya tidak langsung layanan kesehatan;  dan penentuan  unit cost dan subsidi layanan kesehatan. Hasil akhir dari kelima langkah tersebut akan menjadi bahan masukan dalam formulasi  unit cost  dalam penyusunan RBA  dan penentuan kebijakan tentang tarif pelayanan kesehatan.

Kata kunci:    Unit Cost, Badan Layanan Umum (BLU), Layanan, Rencana Bisnis dan Anggaran (RBA), Activity Based Costing (ABC).


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.