PENGARUH FAKTOR PSIKOLOGIS TERHADAP KEPUTUSAN WISATAWAN DALAM MEMILIH WISATA ZIARAH (Studi Pada Pengunjung Wisata Ziarah Makam Gus Dur)

Moch. Junaidi A., Astrid Puspaningrum

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor psikologis terhadap keputusan wisatawan dalam memilih daya tarik wisata ziarah (studi pada wisata ziarah makam Gus Dur di kabupaten Jombang). Sampel penelitian adalah sebanyak 100 responden. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode non probability sampling menggunakan  Purposive Sampling. Alat uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian ini berupa uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikolinieritas, dan uji heteroskedastisitas. Untuk teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor psikologis yang terdiri dari motivasi, persepsi, pembelajaran, kepercayaan dan sikap, berpengaruh secara simultan terhadap keputusan wisatawan dalam memilih wisata ziarah. Hasil analisis juga menunjukkan bahwa secara parsial masing-masing variabel motivasi (X1), persepsi (X2), kepercayaan dan sikap (X4), berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan wisatawan dalam memilih daya tarik wisata ziarah (makam Gus Dur). Sedangkan variabel pembelajaran (X3) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan wisatawan dalam memilih daya tarik wisata ziarah (makam Gus Dur).

Kata kunci: Faktor Psikologis, Motivasi, Persepsi, Pembelajaran, Kepercayaan dan Sikap, Kaputusan Berkunjung


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.