PENGARUH LOYALITAS MEREK, PERSEPSI KUALITAS, DAN KESADARAN/ASOSIASI MEREK TERHADAP EKUITAS MEREK PRODUK SEPATU OLAHRAGA MEREK ADIDAS (STUDI PADA MAHASISWA S1 FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS BRAWIJAYA)

Moch Farid A Fahmi, Mintarti Rahayu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh loyalitas merek, persepsi kualitas, dan kesadaran dan asosiasi merek terhadap ekuitas merek produk sepatu merek Adidas. Populasi penelitian adalah mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya. Penentuan sampel menggunakan teknik accidental sampling dengan jumlah responden sebanyak 100 mahasiswa. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen dilakukan analisis regresi linier berganda. Dari hasil uji hipotesis dapat diketahui bahwa variabel loyalitas merek, persepsi kualitas, dan kesadaran/asosiasi merek berpengaruh signifikan terhadap ekuitas merek produk sepatu merek Adidas baik secara parsial maupun simultan. Hal ini menunjukkan bahwa ekuitas merek produk sepatu merek Adidas akan meningkat jika variabel loyalitas merek, persepsi kualitas, dan kesadaran/asosiasi merek dapat ditingkatkan. Dari ketiga variabel independen tersebut yang berpengaruh dominan adalah variabel kesadaran dan asoisasi merek.

 

 

Kata Kunci: Loyalitas Merek, Persepsi Kualitas, Kesadaran Merek, Asosiasi Merek, Ekuitas Merek


Refbacks

  • There are currently no refbacks.