PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN JASA INTERNET SPEEDY (Studi Kasus Pada Pelanggan Speedy PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. Witel Jatim Selatan Malang)

Rama Juliyandi, Su naryo

Abstract


Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  pengaruh  bauran  promosi  terhadap
keputusan  pembelian  jasa  internet  Speedy  pada  PT. Telekomunikasi  Indonesia, Tbk. Witel
Jatim  Selatan Malang,  juga  untuk mengetahui  pengaruh  variabel  bauran  promosi  tersebut
secara  simultan,  parsial,  maupun  dominannya  terhadap  keputusan  pembelian  Speedy.
Variabel independen dalam penelitian ini adalah bauran promosi yang terdiri dari periklanan
(�1),  promosi  penjualan  (�2),  hubungan  masyarakat  (�3),  penjualan  pribadi  (�4),  dan
pemasaran langsung (�5). Sedangkan variabel dependennya adalah keputusan pembelian (Y).
Jenis  penelitian  ini  ada  explanatory  research  yang menjelaskan  hubungan  kausal
antar  variabel  melalui  pengujian  hipotesis.  Sampel  dalam  penelitian  ini  sebanyak  150
responden  yang  merupakan  pelanggan  jasa  internet  Speedy.  Pengambilan  sampel
menggunakan  teknik purposive sampling. Uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik
merupakan alat untuk pengujian  instrumen dalam penelitian  ini. Sedangkan metode analisis
yang  digunakan  adalah  regrei  linier  berganda  dengan  bantuan  program  SPSS  17,  dan  uji
hipotesis dilakukan dengan uji F, uji t, serta uji dominan.
Berdasarkan  langkah-langkah  yang  telah  dijelaskan  tersebut,  hasil  penelitian  yang
diperoleh  dari  analisis  regresi  linier  berganda  dengan menggunakan  uji  F  (simultan) maka
dapat  disimpulkan  bahwa  variabel  bauran  promosi  berpengaruh  terhadap  keputusan
pembelian, kemudian dengan menggunakan uji t (parsial) dapat disimpulkan bahwa variabel
periklanan, hubungan masyarakat, penjualan pribadi, dan pemasaran langsung mempengaruhi
keputusan  pembelian.  Berdasarkan  nilai  koefisien  regresi  (standardized  coefficients  beta)
masing-masing  variabel,  diketahui  bahwa  penjualan  pribadi mempunyai  pengaruh  dominan
terhadap keputusan pembelian jasa internet Speedy.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.