PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN JASA INTERNET SPEEDY (Studi Kasus Pada Pelanggan Speedy PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. Witel Jatim Selatan Malang)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran promosi terhadap
keputusan pembelian jasa internet Speedy pada PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. Witel
Jatim Selatan Malang, juga untuk mengetahui pengaruh variabel bauran promosi tersebut
secara simultan, parsial, maupun dominannya terhadap keputusan pembelian Speedy.
Variabel independen dalam penelitian ini adalah bauran promosi yang terdiri dari periklanan
(�1), promosi penjualan (�2), hubungan masyarakat (�3), penjualan pribadi (�4), dan
pemasaran langsung (�5). Sedangkan variabel dependennya adalah keputusan pembelian (Y).
Jenis penelitian ini ada explanatory research yang menjelaskan hubungan kausal
antar variabel melalui pengujian hipotesis. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 150
responden yang merupakan pelanggan jasa internet Speedy. Pengambilan sampel
menggunakan teknik purposive sampling. Uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik
merupakan alat untuk pengujian instrumen dalam penelitian ini. Sedangkan metode analisis
yang digunakan adalah regrei linier berganda dengan bantuan program SPSS 17, dan uji
hipotesis dilakukan dengan uji F, uji t, serta uji dominan.
Berdasarkan langkah-langkah yang telah dijelaskan tersebut, hasil penelitian yang
diperoleh dari analisis regresi linier berganda dengan menggunakan uji F (simultan) maka
dapat disimpulkan bahwa variabel bauran promosi berpengaruh terhadap keputusan
pembelian, kemudian dengan menggunakan uji t (parsial) dapat disimpulkan bahwa variabel
periklanan, hubungan masyarakat, penjualan pribadi, dan pemasaran langsung mempengaruhi
keputusan pembelian. Berdasarkan nilai koefisien regresi (standardized coefficients beta)
masing-masing variabel, diketahui bahwa penjualan pribadi mempunyai pengaruh dominan
terhadap keputusan pembelian jasa internet Speedy.
keputusan pembelian jasa internet Speedy pada PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. Witel
Jatim Selatan Malang, juga untuk mengetahui pengaruh variabel bauran promosi tersebut
secara simultan, parsial, maupun dominannya terhadap keputusan pembelian Speedy.
Variabel independen dalam penelitian ini adalah bauran promosi yang terdiri dari periklanan
(�1), promosi penjualan (�2), hubungan masyarakat (�3), penjualan pribadi (�4), dan
pemasaran langsung (�5). Sedangkan variabel dependennya adalah keputusan pembelian (Y).
Jenis penelitian ini ada explanatory research yang menjelaskan hubungan kausal
antar variabel melalui pengujian hipotesis. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 150
responden yang merupakan pelanggan jasa internet Speedy. Pengambilan sampel
menggunakan teknik purposive sampling. Uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik
merupakan alat untuk pengujian instrumen dalam penelitian ini. Sedangkan metode analisis
yang digunakan adalah regrei linier berganda dengan bantuan program SPSS 17, dan uji
hipotesis dilakukan dengan uji F, uji t, serta uji dominan.
Berdasarkan langkah-langkah yang telah dijelaskan tersebut, hasil penelitian yang
diperoleh dari analisis regresi linier berganda dengan menggunakan uji F (simultan) maka
dapat disimpulkan bahwa variabel bauran promosi berpengaruh terhadap keputusan
pembelian, kemudian dengan menggunakan uji t (parsial) dapat disimpulkan bahwa variabel
periklanan, hubungan masyarakat, penjualan pribadi, dan pemasaran langsung mempengaruhi
keputusan pembelian. Berdasarkan nilai koefisien regresi (standardized coefficients beta)
masing-masing variabel, diketahui bahwa penjualan pribadi mempunyai pengaruh dominan
terhadap keputusan pembelian jasa internet Speedy.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.