“PENGARUH CELEBRITY ENDORSER TERHADAP BRAND AWARENESS : JKT48 PADA IKLAN POCARI SWEAT DI SMA BRAWIJAYA SMART SCHOOL MALANGâ€
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh celebrity endorser yang terdiri dari kredibilitas celebrity endorser, daya tarik celebrity endorser, keahlian celebrity endorser, kepercayaan celebrity endorser dan kecocokan celebrity endorser dengan produk terhadap brand awareness pada siswa-siswi SMA Brawijaya Smart School Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian korelasional. Pengambilan sampel dengan teknik nonprobability sampling jenis purposive sampling. Data yang dikumpulkan melalui kuesioner dengan skala Likert yang mengukur variabel-variabel celebrity endorser yang terdiri dari kredibilitas celebrity endorser, daya tarik celebrity endorser, keahlian celebrity endorser, kepercayaan celebrity endorser dan kecocokan celebrity endorser dengan produk terhadap brand awareness sesuai dengan teori Shimp.
Hasil analisis mendapatkan bahwa kelima faktor yaitu kredibilitas celebrity endorser, daya tarik celebrity endorser, keahlian celebrity endorser, kepercayaan celebrity endorser dan kecocokan celebrity endorser dengan produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap brand awareness. Variabel kredibilitas celebrity endorser merupakan variabel yang memiliki pengaruh paling dominan dalam brand awareness. Angka R Square sebesar 0,765 menunjukkan bahwa 76,5% variasi brand awareness bisa dijelaskan oleh kelima variabel independen yang digunakan dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya sebesar 23,5% dijelaskan oleh variabel lain diluar kelima variabel yang digunakan dalam penelitian ini.
Kata Kunci : Kredibilitas Celebrity Endorser, Daya Tarik Celebrity Endorser, Keahlian Celebrity Endorser, Kepercayaan Celebrity Endorser, Kecocokan Celebrity Endorser dengan Produk dan Brand Awareness
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).