Pengaruh Pemahaman Perpajakan, Kondisi Keuangan, Sanksi Pajak, dan Keadilan Pajak Terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak UMKM

Shinta Devy Permatasari, Jimmy Andrianus

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor – faktor yang mempengaruhi tingkat kepatuhan Wajib Pajak. Wajib Pajak yang diteliti dalam penelitian ini adalah Wajib Pajak UMKM di Kabupaten Jombang. Dalam penelitian ini variabel yang diambil untuk menguji kepatuhan adalah pemahaman perpajakan, kondisi keuangan, sanksi pajak, dan keadilan pajak. Metodologi penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan survey. Data penelitian menggunakan data primer dari kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden. Teknik pengumpulan penentuan sampel dengan teknik purposive sampling. Data dianalisis menggunakan analisis regresi berganda dan uji hipotesis dengan software SPSS 21.0. Hasil uji simultan menunjukkan bahwa pemahaman perpajakan, kondisi keuangan, sanksi pajak, dan keadilan pajak berpengaruh terhadap kepatuhan Wajib Pajak UMKM di Kabupaten Jombang. Hasil uji parsial menunjukkan bahwa variabel pemahaman perpajakan dan kondisi keuangan berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan Wajib Pajak UMKM, sedangkan variabel sanksi pajak dan keadilan pajak tidak berpengaruh terhadap kepatuhan Wajib Pajak UMKM.

Kata kunci : pemahaman perpajakan, kondisi keuangan, sanksi pajak, keadilan pajak, kepatuhan Wajib Pajak, UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah)


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.