PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (Studi Kasus Pada PT. Nusantara Karya Sentosa (PT. CNI cabang kota Malang))

Riska Ardhi Surono, Dimas Hendrawan

Abstract


Latar belakang penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh relationship marketing yang terdiri dari: (1)kepercayaan,(2)Komitmen,(3) komunikasi,(4)keuntungan bersama terhadap loyalitas pelanggan pada PT. Nusantara Karya Sentosa baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini termasuk dalam penelitian explanatory researchyang menjelaskan hubungan dan pengaruh beberapa variabel yang telah ditetapkan dengan menggunakan sampelsebanyak 100 pelanggan dari PT. Nusantara Karya Sentosa, pengambilan data menggunakan accidental sampling.Hasil penelitian regresi menunjukan secara simultan variabel kepercayaan(X1), Komitmen(X2), komunikasi(X3), dan keuntungan bersama(X4) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas dengan signifikansi 0,000 dan F hiting adalah 20,355, secara parsial, variabel kepercayaan (X1), komitmen(X2), komunikasi(X3) dan keuntungan bersama(X4) adanya pengaruh signifikansi pada setiap variabel, pada kebenaran(X1) 0,040, komitmen(X2) 0,000, untuk komitmen(X3) 0,018 dan pada keuntungan bersama(X4) signifikansi 0,002. Sedangkan variabel komitmen(X2) adalah yang mempunyai pengaruh dominan dengan nilai koefisien beta sebesar 0,386.Dengan demikian dapat dikatakan bahwa keempat variabel yaitu, kepercayaan, komitmen, komunikasi dan keuntungan bersama memiliki pengaruh signifikan baik parsial maupun simultan terhadap PT. Nusantara Karya Sentosa. Variabel komitmen merupakan variabel yang dominan.

Kata Kunci : kepercayaa, Komitmen, Konmunikasi, Keuntungan Bersama, Loyalitas.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.