PENGARUH PERSEPSI KEGUNAAN, PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN, DAN KEPUASAN PENGGUNA TERHADAP NIAT UNTUK MENGGUNAKAN KEMBALI TEKNOLOGI ONLINE TRAVEL AGENT (STUDI PADA PENGGUNA TRIPADVISOR DI KOTA MALANG)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari persepsi kegunaan, persepsi kemudahan penggunaan, dan kepuasan pengguna terhadap niat untuk menggunakam kembali teknologi online travel agent pada pengguna TripAdvisor di Kota Malang dengan modifikasi model Technology Acceptance Model (TAM) yang dikembang oleh davis pada tahun 1989 dan model Information System Success Model yang dikembangkan oleh Delone dan Mclean pada tahun 2003. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 140 responden. dan pengambilan sampel menggunakan probability sampling. Seluruh data di analisis dengan menggunakan program SPSS versi 21 for windows. Hasil analisis untuk model ini menunjukkan bahwa persepsi kegunaan, persepsi kemudahan penggunaan, dan kepuasan pengguna berpengaruh secara signifikan terhadap niat untuk menggunakan kembali teknologi online travel. Implikasi dari penelitian ini relevan bagi pihak TripAdvisor agar memperhatikan kembali faktor kegunaan, kemudahan penggunaan dan kepuasan pengguna dalam mengembangkan website nya.
This Study purposes to aims to determine the the influence of perceived usefulness, perceived ease of use, and user satisfaction towards reusage intention to use tecnology online travel agent on TripAdvisor user in Malang city by modified a model of Technology Acceptance Model (TAM) developed by Davis in 1989 and a model of information system success model developed by Delone and Mclean in 2003. This study purposes used a sample of 140 respondents and sampling using probability sampling. All data were analyzed by using SPSS version 21 for windows. The result of analysis for this model shows that perceived usefulness, perceived ease of use, and user satisfaction affect the reusage intention to use technology online travel agent. The implication of this research is relevant to TripAdvisor analyst to consider factor of usefulness,ease of use, and user satisfaction in applying and developing their website.
Kata kunci : Technology Acceptance Model (TAM), Information System Success Model, Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Kepuasan Pengguna, Niat untuk Menggunakan Kembali Teknologi, TripAdvisor.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.