PENGARUH PERSEPSI KEGUNAAN, PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN, DAN KEPUASAN PENGGUNA TERHADAP NIAT UNTUK MENGGUNAKAN KEMBALI TEKNOLOGI ONLINE TRAVEL AGENT (STUDI PADA PENGGUNA TRIPADVISOR DI KOTA MALANG)

Lexiansyah Permata

Abstract


 

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  pengaruh  dari  persepsi  kegunaan, persepsi kemudahan penggunaan,  dan kepuasan pengguna terhadap niat untuk menggunakam kembali teknologi online travel agent pada pengguna TripAdvisor di Kota Malang   dengan   modifikasi   model   Technology   Acceptance   Model   (TAM)   yang dikembang  oleh davis pada tahun  1989 dan model  Information System Success Model yang   dikembangkan   oleh   Delone   dan   Mclean   pada   tahun   2003.   Penelitian   ini menggunakan   sampel   sebanyak   140   responden.                dan   pengambilan   sampel menggunakan   probability  sampling.   Seluruh  data  di  analisis   dengan  menggunakan program SPSS versi 21 for windows. Hasil analisis untuk model ini menunjukkan bahwa persepsi  kegunaan,  persepsi  kemudahan  penggunaan,  dan  kepuasan  pengguna berpengaruh  secara  signifikan  terhadap  niat  untuk  menggunakan  kembali  teknologi online travel. Implikasi dari penelitian ini relevan bagi pihak TripAdvisor agar memperhatikan   kembali   faktor   kegunaan,   kemudahan   penggunaan   dan   kepuasan pengguna dalam mengembangkan website nya.

This  Study  purposes   to  aims  to  determine   the  the  influence   of  perceived usefulness, perceived ease of use, and user satisfaction towards reusage intention to use tecnology online travel agent on TripAdvisor user in Malang city by modified a model of Technology Acceptance Model (TAM) developed by Davis in 1989 and a model of information system success model developed by Delone and Mclean in 2003. This study purposes used a sample of 140 respondents and sampling using probability sampling. All data were analyzed by using SPSS version 21 for windows. The result of analysis for this model shows that perceived usefulness, perceived ease of use, and user satisfaction affect the  reusage  intention  to  use  technology  online  travel  agent.    The  implication  of  this research is relevant to TripAdvisor analyst to consider factor of usefulness,ease  of use, and user satisfaction in applying and developing their website.

 

Kata kunci : Technology Acceptance Model (TAM), Information System Success Model, Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Kepuasan Pengguna, Niat untuk Menggunakan Kembali Teknologi, TripAdvisor.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.