Analisa Kinerja Dengan Rasio Keuangan Pada Perusahaan Food And Beverage yang Listing Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2014

M. Daviq Zamzami Mubarrak

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh analisa rasio terhadap kinerja keuangan perusahaan food and beverage yang listing di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan food ad beverage yang listing di BEI Tahun 2012-2014. Sampel dalam penelitian ini adalah berjumlah 18 (delapan belas) perusahaan. Peneliti menggunakan metode deskriptif dalam penelitian ini karena ingin menggambarkan kondisi analisis rasio yang dikaitkan dengan kinerja keuangan dari perusahaan food and beverage yang listing di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2014. Metode deskriptif juga ingin mempelajari norma-norma atau standar-standar sehingga penelitian deskriptif ini juga disebut survei normatif. Dalam metode deskriptif dapat diteliti masalah normatif bersama-sama dengan masalah status dan sekaligus membuat perbandingan-perbandingan antar fenomena.

Secara umum, kinerja keuangan perusahaan food and beverage yang terdaftar di BEI berfluktuasi. Rasio Likuiditas dengan Rasio Cepat dan Rasio Lancar mengalami fluktuasi. Rasio Leverage dengan Rasio Total Utang terhadap Total Aset mengalami fluktuasi. Rasio Aktivitas dengan Perputaran Piutang, Rata-rata umur piutang mengalami fluktuasi. Pada rasio profitabilitas dengan profit margin, return on asset, return on equity mengalami penurunan selama tahun penilitian.

 

 

Kata Kunci: Rasio Likuiditas, Rasio leverage, Rasio Aktivitas, dan Rasio Profiabilitas.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.