ANALISIS RASIO KEUANGAN UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi pada PT. BISI International, Tbk Tahun 2010–2014)

Ade MFG Nuryansah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menilai kinerja keuangan perusahaan pada PT. BISI International, Tbk. Penelitian ini menggunakan teknik analisis rasio keuangan secara time series. Analisis rasio merupakan suatu metode analisis untuk mengetahui hubungan dari pos – pos tertentu dalam neraca dan laporan laba rugi secara individu atau kombinasi dari kedua laporan tersebut. Dengan membandingkan angka rasio sekarang dengan angka rasio periode yang lalu, maka akan diketahui perubahan – perubahan angka rasio yang dimiliki perusahaan.  Variabel  yang digunakan  adalah  rasio  likuiditas  yang  terdiri  dari Current Ratio dan Cash Ratio, yang kedua rasio aktivitas yang terdiri dari total asset turnover, yang ketiga rasio leverage yang terdiri dari Debt To Assets Ratio dan Debt To Equity Ratio dan yang keempat rasio profitabilitas yang terdiri dari Return On Total Assets dan Return On Equity. Obyek penelitian yaitu pada PT. BISI International, Tbk.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa likuiditas perusahaan dapat dikatakan dalam keadaan baik atau likuid. Hal ini tercermin dari nilai Current Ratio & Cash Ratio rata – rata secara keseluruhan sudah mampu memenuhi standar rasio keuangan dan berada di atas rata – rata industri. Walaupun rasionya sering mengalami kenaikan dan penurunan selama tahun 2010 sampai tahun 2014. Untuk rasio aktivitas rata – rata mengalami penurunan tetapi masih berada di atas rata– rata industri. Nilai rasio aktivitas TAT yang mengalami fluktuasi selama tahun 2010 sampai tahun 2014. Sedangkan untuk rasio leverage dapat dikatakan baik. Disebabkan oleh nilai DAR dan DER yang berfluktuasi dan sebagian besar berada di bawah rata – rata industri pada tahun 2010 sampai tahun 2014. Dan untuk rasio profitabilitas perusahaan mengalami penurunan. Penilaian rasio profitabilitas ROA dan ROE yang cenderung menurun, walaupun mengalami peningkatan kecil pada tahun 2014, tetapi perusahaan masih dalam keadaan kurang baik dalam menghasilkan laba tetapi masih berada di atas rata – rata industri perusahaan sejenis.

 

 

Kata kunci : Kinerja Keuangan, Analisis Rasio Keuangan, Rasio Likuiditas, Rasio Aktivitas, Rasio Leverage, Rasio Profitabilitas


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.