PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (EWOM) DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN (STUDI PADA RICHEESE FACTORY)

Fitri Annisa

Abstract


Seiring berjalannya waktu, pertumbuhan internet di dunia semakin pesat. Jumlah pengguna internet di Indonesia juga meningkat dari tahun ke tahun. Pertumbuhan pengguna internet ini juga berpengaruh terhadap pertumbuhan pengguna media sosial dan mobile. Meningkatnya penggunaan dan popularitas media sosial telah mendorong munculnya istilah electronic word of mouth (eWOM). Adanya eWOM telah dimanfaatkan oleh banyak bisnis tidak terkecuali pada bisnis kuliner. Salah satu bisnis kuliner yang berkembang di Indonesia saat ini adalah Richeese Factory. Konsep eWOM yang diterapkan oleh Richeese Factory pada media sosial Instagram, yaitu platform assistance, concern for other consumers, dan expressing positive feelings.

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh eWOM yang terdiri atas variabel platform assistance, concern for other consumers, dan expressing positive feelings di media sosial Instagram terhadap minat beli konsumen Richeese Factory. Jenis penelitian ini ialah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan metode survey dilakukan kepada 180 responden pengguna akun Instagram Richeese Factory. Pengambilan sampel menggunakan metode nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling. Pengolahan data dilakukan dengan mengguanakan alat analisis regresi linear berganda. Berdasarkan pengujian hipotesis F, seluruh variabel independen secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat beli. Hasil uji t menunjukkan bahwa concern for other consumers, dan expressing positive feelings secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat beli. Variabel yang paling dominan mempengaruhi minat beli ialah variabel expressing positive feelings.

 

Kata kunci: Electronic Word of Mouth, Platform Assistance, Concern for Other Consumers, Expressing Positive Feelings, Minat Beli


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.