PENGARUH STRESS KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT TELEKOMUNIKASI INDONESIA, Tbk. WITEL JATIM SELATAN MALANG

Rhenno Ledhuardo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari stress kerja yang terdiri dari variabel extra organizational stressors, organizational stressors, group stressors, dan individual stressors secara simultan maupun parsial, serta untuk mengetahui variabel yang dominan berpengaruh terhadap kinerja karyawan PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk Witel Jatim Selatan Malang.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanatory research (penjelasan) atau dikenal juga sebagai pengujian hipotesis untuk mengetahui tinggi rendahnya stress kerja dengan variabel bebas extra organizational stressors (X1), organizational stressors (X2), group stressors (X3), dan individual stressors (X4)  terhadap variabel terikat (Y) yaitu kinerja karyawan di PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk Witel Jatim Selatan Malang,. Sampel penelitian adalah sebanyak 114 responden. Metode pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah probability simple random sampling.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa extra organizational stressors (X1), organizational stressors (X2), group stressors (X3), dan individual stressors (X4) berpnegaruh simultan terhadap variabel terikat yaitu kinerja karyawan (Y) dengan nilai. Secara parsial Extra organizational stressors signifikansi mempengaruhi kinerja karyawan. Secara parsial organizational stressors signifikan mempengaruhi kinerja karyawan. Secara parsial group stressors signifikan mempengaruhi kinerja karyawan. Secara parsial individual stressors signifikan mempengaruhi kinerja karyawan. Nilai Adj. R2 memperoleh hasil sebesar 0,637 yang artinya variabel Extra organizational stressors (X1), Organizational stressors (X2), Group stressors (X3), dan Individual stressors (X4) mampu mempengaruhi kinerja karyawan (Y) sebesar 63,7% dan sisanya sebesar 36,3% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini

  

Kata kunci: Stress Kerja, Extra Organizational Stressors, Organizational Stressors, Group Stressors, Dan Individual Stressors, Kinerja Karyawan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.