PENERAPAN BLUE OCEAN STRATEGY PADA BISNIS TANAMAN ANGGREK (STUDI PADA HANDOYO BUDI ORCHID MALANG)

Husnanda Aditya Pradana

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan visi, misi dan mengetahui penerapan strategi blue ocean pada UKM Handoyo Budi Orchid. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Adapun jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data yang akan dilakukan dalam penelitain ini adalah case study, yaitu metode pengumpulan data dengan mengambil beberapa elemen dari Handoyo Budi Orchid yang kemudian masing-masing elemen diselidiki secara mendalam. Adapun teknik yang digunakan merupakan perpaduan beberapa metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan forum grup discussion. Data-data yang diperoleh difokuskan pada bidang manajamen strategi, khususnya penerapan strategi dengan pendekatan blue ocean strategy. Dari hasil analisa diketahui bahwa untuk keluar dari red ocean dan menciptakan blue ocean srategy, Handoyo Budi Orchid sebagai perusahaan dapat menerapkan inovasi nilai melalu kerangka kerja empat langkah (Hapuskan – Kurangi – Tingkatkan – Ciptakan) serta menerapkan enam prinsip blue ocean strategy, yaitu : merekontruksi batasan pasar, fokus gambaran besar bukan angka, menjangkau pasar hingga tingkat non-konsumen, menajalankan rangkaian strategi secara benar, mengatasi rintangan organisasi, dan menjalankan strategi. Diharapkan melalui pendekatan blue ocean strategy, kedepannya Handoyo Budi Orchid dapat semakin berkembang, baik secara lokal dan global.

 

Kata Kunci : Blue Ocean Strategy, Tanaman Anggrek, Penerapan Strategi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.