PENGARUH PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP RETENSI PELANGGAN (Studi Kasus pada Radio Suara Muslim Surabaya 93,8 FM.)
Abstract
Urgensi etika dalam dunia bisnis menjadi hal yang melatar belakangi penelitian ini, dimana kedudukan etika dipandang memiliki posisi strategis dalam kemajuan dan juga kemunduran suatu bisnis yang berdampak bagi peusahaan dan juga mitra bisnisnya, bahkan kepada masyarakat dan lingkungan sekitar. Seiring perkembangan zaman di era globalisasi yang kian menggerus aspek moral oleh mudahnya penyebaran pemahaman serta budaya-budaya yang menyesatkan dan merusak moral etika di kehidupan bersosial maupun bisnis. Maka persaingan bisnispun kian menjadi ditambah permasalahan krisis etika didalam dunia bisnis mengharuskan perusahaan untuk mampu menciptakan strategi bisnis yang jitu demi menghadapi persaingan dan permasalahan tersebut, adapun salah satu strategi bisnis yang tepat dalam menanggulangi persaingan bisnis ini adalah dengan membangun loyalitas atau customer retention. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh pengaruh dari penerapan etika bisnis Islam terhadap retensi pelanggan pada radio Suara Muslim Surabaya
93,8 FM. menggunakan variabel dari etika bisnis Islam yaitu keadilan, kebenaran, kehendak bebas, tanggung jawab serta variabel dari customer retention yaitu belonging, communication, customization, differentiation, rewarding, security and convenience. Sampel dari penelitian ini dibagi menjadi dua yaitu internal perusahaan yang berjumlah 30, dan mitra bisnis dari radio Suara Muslim Surabaya 93,8 FM. Yang berjumlah 51. Menggunakan tekhnik analisis CFA dan SEM. Hasil pengujian hipotesis internal perusahaan menunjukan bahwa kehendak bebas tidak berpengaruh terhadap customer retention; sedangkan keadilan, kebenaran dan tanggung jawab berpengaruh positif terhadap customer retention. Dan hasil uji hipotesis mitra bisnis menunjukkan bahwa kehendak bebas dan kebenaran tidak berpengaruh terhadap customer retention, sedangkan keadilan, dan tanggung jawab berpengaruh positif terhadap customer retention.
Kata kunci: Etika Bisnis Islam, Customer Retention
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.