PENGARUH PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP RETENSI PELANGGAN (Studi Kasus pada Radio Suara Muslim Surabaya 93,8 FM.)

Wildan Arif Hidayatullah

Abstract


Urgensi etika dalam dunia bisnis menjadi hal yang melatar belakangi penelitian ini, dimana kedudukan etika dipandang memiliki posisi strategis dalam kemajuan dan juga kemunduran suatu bisnis yang berdampak bagi peusahaan dan juga mitra bisnisnya, bahkan kepada masyarakat dan lingkungan sekitar. Seiring perkembangan zaman di era globalisasi yang kian menggerus aspek moral oleh mudahnya penyebaran pemahaman serta budaya-budaya yang menyesatkan dan merusak moral etika   di kehidupan bersosial maupun bisnis. Maka persaingan bisnispun kian menjadi ditambah permasalahan krisis etika didalam dunia bisnis mengharuskan perusahaan untuk mampu menciptakan strategi bisnis yang jitu demi menghadapi persaingan dan permasalahan tersebut, adapun salah satu strategi bisnis yang tepat dalam menanggulangi persaingan bisnis ini adalah dengan membangun loyalitas atau customer retention.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh pengaruh dari penerapan etika bisnis Islam terhadap retensi pelanggan pada radio Suara Muslim Surabaya

93,8 FM. menggunakan variabel dari etika bisnis Islam yaitu keadilan, kebenaran, kehendak bebas, tanggung   jawab   serta   variabel   dari  customer   retention   yaitu   belonging,   communication, customization, differentiation, rewarding, security and convenience. Sampel dari penelitian ini dibagi menjadi dua yaitu internal perusahaan yang berjumlah 30, dan mitra bisnis dari radio Suara Muslim Surabaya 93,8  FM.  Yang  berjumlah  51.  Menggunakan  tekhnik  analisis  CFA dan  SEM.  Hasil pengujian hipotesis internal perusahaan menunjukan bahwa kehendak bebas tidak berpengaruh terhadap customer retention; sedangkan keadilan, kebenaran dan tanggung jawab berpengaruh positif terhadap customer retention. Dan hasil uji hipotesis mitra bisnis menunjukkan bahwa kehendak bebas dan kebenaran tidak berpengaruh terhadap customer retention, sedangkan keadilan, dan tanggung jawab berpengaruh positif terhadap customer retention.

Kata kunci: Etika Bisnis Islam, Customer Retention


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.