PENGARUH PENGUNGKAPAN SUSTAINABILITY REPORT TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI MODERASI (Studi pada Perusahaan High-Profile Go Public yang Mempublikasikan Sustainability Report pada Tahun 2009-2012)

Ieman Aji Ramadhani

Abstract


Aktivitas dunia usaha masih sering dipandang hanya mengeksploitasi sumber daya dan berorientasi pada profit, belum memperhatikan aspek keberlanjutan. Namun seiring dengan semakin luasnya eksploitasi sumber daya baik alam maupun manusia, tuntutan akan aspek keberlanjutan semakin meningkat. Penelitian ini membahas mengenai pengungkapan sustainability report serta profitabilitas perusahaan high-profile go public pada tahun 2009-2012 dan dampaknya terhadap nilai perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui  pengaruh  pengungkapan  sustainability  report  terhadap  nilai perusahaan  dan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas sebagai variabel moderasi dalam hubungan antara pengungkapan sustainability report dengan nilai perusahaan. Sampel penelitian ini adalah perusahaan yang termasuk dalam kategori high-profile yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2009-2012. Terdapat delapan perusahaan dengan 32 observasi yang memenuhi kriteria sebagai sampel penelitian. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana untuk mengetahui pengaruh pengungkapan sustainability report terhadap nilai perusahaan dan menggunakan uji residual untuk mengetahui pengaruh profitabilitas sebagai variabel moderasi antara pengungkapan sustainability report dengan nilai perusahaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengungkapan sustainability report tidak mempengaruhi terhadap nilai perusahaan. Selain itu, hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa profitabilitas tidak memoderasi hubungan antara pengungkapan sustainability report dengan nilai perusahaan.

Kata Kunci: Pengungkapan Sustainability Report, Profitabilitas, Nilai Perusahaan, High- Profile


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.