Pengaruh Kompensasi Terhadap Turnover Intention Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Mediasi (Studi pada PG Kebon Agung)

Emeraldo Rizky Yudhistira

Abstract


Latar belakang penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel kompensasi terhadap turnover intention dengan kepuasan kerja sebagai variabel mediasi studi pada PG Kebon Agung. Penelitian ini berjenis penelitian eksplanatori (explanatory research) dengan sampel sebanyak 76 orang karyawan tetap PG Kebon Agung menggunakan metode probability sampling (penarikan sampel secara acak). Uji yang digunakan untuk uji instrumen adalah uji validitas dan uji reliabilitas. Uji hipotesis menggunakan analisis jalur yang merupakan pengembangan dari analisis regresi linier berganda dengan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikolinearitas, uji linieritas, dan uji heteroskedastisitas.

Berdasarkan   hasil   penelitian   didapat   bahwa   kompensasi  berpengaruh   negatif signifikan terhadap turnover intention, kepuasan kerja tidak berpengaruh terhadap turnover intention, kompensasi memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kepuasan kerja. Hasil dari analisis jalur menunjukkan bahwa variabel kepuasan kerja tidak dapat memediasi hubungan pengaruh antara variabel kompensasi dan turnover intention.

Kata kunci: Kompensasi, Kepuasan Kerja, Turnover Intention.

 

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.