Pengaruh Diskon Dan Pemberian Hadiah Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Ramayana Department Store Mall Dinoyo City)

Yunus Yulfianto

Abstract


Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  pengaruh  diskon dan  pemberian hadiah terhadap keputusan pembelian oleh konsumen di Ramayana Mall Dinoyo City.

Jenis penelitian ini adalah explanatory research yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel- variabel melalui pengujian hipotesis. Sampel penelitian sebanyak

60 responden yang diambil dari populasi pelanggan Ramayana Mall Dinoyo City. Penelitian dilakukan di Ramayana Mall Dinoyo City pada bulan Februari 2016. Pengambilan  sampel menggunakan  teknik  purposive  sampling  karakteristik  sampel yang dipilih yaitu, telah mengunjungi 3 bulang terakhir dan melakukan transaksi di Ramayana Mall Dinoyo City serta minimal berusia 17 tahun. Alat uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian ini berupa  uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Uji hipotesis dilakukan menggunakan analisis regresi linier berganda.

Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa variabel diskon (X1) memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian (Y), sedangkan variabel hadiah (X2) ternyata tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian (Y). Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa dalam penelitian ini pemberian diskon lebih efektif dalam mendorong terjadinya keputusan pembelian responden.

Kata kunci: Diskon, Pemberian Hadiah dan Keputusan Pembelian


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.